Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Teks Eksplanasi Dengan Menerapkan Model Discovery Learning Untuk Kelas XI AP - 1 SMK Negeri 4 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.20729Keywords:
Model Discovery, Teks EksplanasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan gambaran tentang hasil belajar siswa belajar Bahasa Indonesia melalui Penerapan Model Discovery Learningâ€. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan subyek penelitian kelas XI AP - 1 SMK Negeri 4 Mataram semester Ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 21 orang. Data keterampilan proses siswa dikumpulkan dengan pedoman observasi dan data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Pelaksanaan tindakan diawali dengan membagi kelas menjadi lima kelompok, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran, diskusi kelompok, presentasi kelompok. Hasil evaluasi menunjukkan hasil belajar Bahasa Indonesia dari persentase rata-rata kelas pada siklus I 71,43% menjadi 90,48% pada siklus II. Tindakan pada siklus II memberikan peningkatan sesuai dengan harapan dan memenuhi kriteria keberhasilan yang sudah ditentukan karena hanya ada 2 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM yang ditetapkan yakni 70. Hasil yang diperoleh dari penelitian maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas XI AP - 1 semester ganjil SMK Negeri 4 Mataram dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I hasilnya berada pada kategori cukup dengan hasil presentase 71,43%. Sedangkan ada siklus II persentase hasil belajar siswa mencapai 90,48% yang berada pada kategori baik. Hasil belajar dari siklus I dan siklus II terdapat kenaikan sebesar 19,05%.References
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Bhuana Murni
Andyani, Novita, dkk. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasiâ€. Basastra. Volume 4 Nomor 2 Universitas Sebelas Maret.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Edisi Luring.
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 1 Nomor 1. Suparno dan M. Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Cekdin, cekmas dan Taufik Barlian. 2013. Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi
Hamiyah, Nur dan Muhamad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Kokasih, E. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks
Mawar, Anggun, dkk 2016. Pembelajaran Menyusun Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gedong Tataan. FKIP Universitas Lampung.
Musfiqon. 2012. Pengembangan. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta. PT. Prestasi Pustakaraya.
Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Ridwanuddin, Dindin. 2015. Bahasa Indonesia. Ciputat: UIN Press. Saleh, Moch. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Komplek Melalui Model STAD Pada Siswa SMAâ€.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi 2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.