Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motifasi belajar peserta didik di SMPK Kesuma Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.21434Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada materi norma dan UUD Tahun 1945. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMPK Kesuma Mataram. Objek penelitian ini adalah model Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan materi Norma dan UUD Tahun 1945. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan tes. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu tes siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan utama, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian, diperoleh adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi Norma dan UUD Tahun 1945 di kelas VII B SMPK Kesuma Mataram.References
Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Danim, S. (2008).
Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Ineraksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamruni.(2012).Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Ibrahim, M, dan Nur, M.(2000).Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Mas’ud, Z &Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika.Pekanbaru:Daulat Riau. Mulyono Abdurrahman. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: PT Rineka.
Mudzrika Fariana. (2017).Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman
Oemar, H. (2022).Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful H.(2003). Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta. Samsu Somadayo.(2013). Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Yogyakarta: Grahailmu.