KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SDI TUANIO DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.21464Keywords:
kemampuan menulis cerita pendek, media pop upAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SDI Tuanio dengan menggunakan media pembelajaran pop-up. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subyek pada penelitian ini berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa dan 15 siswi. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui 3 teknik yakni, (1) Observasi, (2) tes hasil belajar dan (3). Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pop-up dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek.. Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis cerita pendek siswa pada pra siklus sebesar 66,5. Pada siklus I meningkat menjadi 79,6. Artinya bahwa ketrampilan menulis cerpen siswa SDI Tuanio mengalami peningkatan sebesar 13,1 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,75, dimana mengalami peningkatan sebesar 17,25.
References
Aisyah R. Rahman. 2011. “Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri I Peusangan Bireuen Acehâ€. Dalam Madrasah: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Dasar Volume 3, No. 2.
Ann. Montanaro. R. 2015. A Concise History of Pop-up and Movable Books.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press. Dessy Putri, Widyaningtyas. 2018. “Pengembangan Media Pemebelajaran Pop-Up Berbasis Sains pada Kelompok B Ra Raden Fatah Podorejoâ€. Dalam Jurnal Madrasah : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 11, No. 1.
Enny, Zubaidah. 2012. Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Cerita Anak melalui Strategi Menulis Terbimbing. Univeristas Negeri Jakarta.
H. C. Dyk SV. 2011. Paper engineering: fold, pull, pop & turn. New York: Smithsonian Instittution Libraries.
Luthfatun, Nisa. 2018. “Perancangan Buku Cerita Pop-up Berbasis Karakter untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Diniâ€. Dalam Jurnal Pedagogia : Jurnal Pendidikan Volume 7, No. 2. Moore-Hart,
Suyatinah. 2005. “Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Menulis di Kelas II Sekolah Dasarâ€. Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan: Cakrawala Pendidikan Volume XXIV, No. 3.
Wina, Sanjaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.