Peningkatan Kemapuan Menulis Puisi dengan Metode Direct instruction pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kuripan
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v9i1.21487Keywords:
Peningkatan, Kemampuan, Menulis Puisi, Metode Direct intructionAbstract
Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul â€Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Direct instruction pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kuripan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuripan dalam menulis puisi setelah diberi tindakan menggunakan direct instruction. Peneleitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, Siklus I dan Siklus II. Dengan subjek penelitian kelas VIIA SMP Negeri 4 Kuripan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: pada tahap prasiklus atau sebelum diberi tindakan nilai rata-rata siswa hanya 57,82. Pada tindakan siklus I mengalami peningkatkan menjadi 70,28 kategori normal. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 83,60 kategori tinggi. Sesuai dengan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar siswa pada siklus I dan Siklus II dapat disimpulkan bahwa kemapuan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuripan dalam menulis puisi dapat ditingkatkan dengan menggunakan direct instruction dan disarankan kepada para guru bahasa Indonesia agar membimbing siswa dalam menulis puisi tidak terpaku di dalam kelas saja sehingga siswa tidak kesulitan untuk mendeskripsikan idenya. Akan tetapi bila siswa mengamati langsung objeknya, maka siswa lebih mudah dalam mendeskripsikan apa yang dapat dilihat langsung.
Abstract: Â This classroom action research is entitled "Improving the Ability to Write Poetry Using Direct instruction metoth Techniques in Class VII Students of SMP Negeri 4 Kuripan. This research aims to determine the improvement in the ability of class VII students at SMP Negeri 4 Kuripan in writing poetry after being given action using direct object observation techniques. This research uses a classroom action research design carried out in two cycles, Cycle I and Cycle II. With the research subject class VII SMP Negeri 4 Kuripan. The data collection techniques used are tests and observations. The results of the analysis showed that: in the precycle stage or before being given action the average score of students was only 57.82. In cycle I actions increased to 70.28 normal categories. In the first cycle action, it increased to 70.28 normal categories. Furthermore, in the second cycle, the average score of students became 83.60 in the high category. The results of the analysis show that: at the pre-cycle stage or before being be concluded that the ability of class VIIA students at SMP Negeri 4 Kuripan in writing poetry can be improved by using direct object observation techniques and it is recommended that Indonesian language teachers guide students. Writing poetry is not confined to the classroom so that students find it difficult to describe their ideas. However, if students directly observe the object, it is easier for students to describe what they can see directly.
References
Gustina, G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Experiential Learning Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 11–24.
https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337
Heni yoehana, Supriyanto T., Rusilowati, A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Model Kuantum Dan Model Instruksi Langsung Berdasarkan Minat Belajar Sastra Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 2(1), 161–165. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=KEEFEKTIFAN+PEMBELAJARAN+MENULIS+PUISI+DENGAN+MODEL+KUANTUM+DAN+MODEL+INSTRUKSI+LANGSUNG+BERDASARKAN+MINAT+BELAJAR+SASTRA+PESERTA+DIDIK+SEKOLAH+DASAR&btnG=
Jaya, S., R, S., & Ermanto. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Siswa Kelas X.1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 1(2), 87–95.
Kurniasih, & Puspita, I. (2019). No Titleس. ペインクリニックå¦ä¼šæ²»ç™‚指é‡ï¼’, 2, 1–13. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=KEMAMPUAN+MENULIS+PUISI+DENGAN+TEKNIK+PENGAMATAN+OBJEK+SECARA+LANGSUNG+SISWA+KELAS+VIII+C+SMP+NEGERI+1+GU+KABUPATEN+BUTON+TENGAH&btnG=
Laila, A. S. S. M. A. R. (2019). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Face Threatening Act of Different Ethnic Speakers in Communicative Events of School Context, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018
Mardia Rahmi dalam Oboi, S. C. U. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan N direct instructionn Bidang Studi bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V MI Azzahidin Kec. Tenayan Raya Kota Pekan Baru.
Maulidina, H. (2019). Peningkatan Kemampuan dan Motivasi Menulis Puisi dengan Penerapan N direct instructionn Bidang Studi bahasa Indonesia. ペインクリニックå¦ä¼šæ²»ç™‚指é‡ï¼’, 2, 1–13. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=PENINGKATAN+KEMAMPUAN+DAN+MOTIVASI+MENULIS+PUISI+DENGAN+PENERAPAN+TEKNIK+PENGAMATAN+OBJEK+SECARA+LANGSUNG+BIDANG+STUDI+BAHASA+INDONESIA&btnG=
Muslimah. (2020). Pembelajaran Kreatif Menulis Puisi Dengan Media Gambar Di Mi Ma’Arif Nu I Kaliwangi. Educreative : Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(3), 418–424. https://doi.org/10.37530/edu.v5i3.55
Nuryadin, C., Arsad, & Zalnia. (2022). Jec (jurnal edukasi cendikia). Jec (Jurnal Edukasi Cendikia), 6, 41–48. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=KEMAMPUAN+MENULIS+PUISI+DENGAN+TEKNIK+PENGAMATAN+OBJEK+SECARA+LANGSUNG+SISWA+KELAS+VIII+C+SMP+NEGERI+1+GU+KABUPATEN+BUTON+TENGAH&btnG=
Rahajoe, I. B., & Rianto, E. (2012). kemampuan menulis puisi melaui pendekatan kontekstual anak tunadaksa kelas XI SMALB.
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=KEMAMPUAN+MENULIS+PUISI+MELALUI+
PENDEKATAN+KONTEKSTUAL+ANAK+TUNADAKSA+KELAS+KELAS+XI+SMALB+Indah&btnG=
Romelah, S. (2014). Peningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pembelajaran Langsung di Sekolah ‎Dasar. Jurnal PGSD, 2(3), 1–11.
Saputri, D. R., & Rusjiono. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Pokok Cerita Ulang Biografi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Xi Apk 2 Di Smk Negeri 10 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(1), 1–9.
Sartini, I., & Prabowo, M. I. B. (2022). Sang pencerah. Jurnal Ilmiah, 8(1).
Suare Marcillo, L. A. (2012). No Title×¢× ×£ הקיווי: ×ª×ž×•× ×ª מצב. עלון ×”× ×•×˜×¢, 66, 37–39.
Tarigan, H. G. (2008). No Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Wulansari, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi. Diksatrasi, 1, 230–232.