PENGEMBANGAN MEDIA CAPING PETANI DALAM PEMBELAJARAN MATERI FAKTA DAN OPINI
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v6i1.3381Keywords:
Pengembangan, Caping, Fakta OpiniAbstract
Materi fakta dan opini masih dirasa sulit karena tidak adanya media pembelajaran yang menarik. Untuk itu, dipilihlah media caping petani karena alasan sosiologis dan geografis. Kata petani dalam penelitian ini merupakan kepedekan dari Permainan kalimat fakTA dan opiNI (Petani). Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan motede pengembangan model R&D (research and development) dengan menggunakan model Four-D-Model (4D) dengan sasaran 48 siswa kelas VIII A dan B SMP Negeri 3 Gondang Mojokerto. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa pengembangan media pembelajaran berupa caping petani adalah keefektifan, kevalidan, dan kepraktisan. efektif diterapkan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata pre-tes dan post-tes pada kelas eksperimen secara berturut-turut adalah 49.17 dan 85.83 sedangkan pada kelas kontrol adalah 64.58 dan 79.17. Sedangkan untuk nilai signifikansi kedua kelas adalah 0.000 (sig.2-tailed) lebih kecil dari 0.05. Validasi yang dilakukan oleh ahli media yang sedang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, informasi tambahan, dan evaluasi didapat rerata penilaian 4.3 maka media caping petani dalam kategori baik dan layak dipakai dalam pembelajaran. Kategori kepraktisan terhadap media pembelajaran berbentuk media caping petani dapat digunakan secara praktis.
Â
Kata kunci: Pengembangan,Caping, Fakta Opini