Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6618Keywords:
Lingkungan Sekolah Sumber BelajarAbstract
Abstrak:Penelitian ini yang mengkaji tentang sumber belajar yang utamakan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran bagi siswa yang ada di kalangan sekolah dasar, sehingga lingkungan yang merupakan objek dari belajar dapat dilihat langsung siswa dan dapat ditujukan secara langsung.dimana pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah ini sebagai sumber belajar yang dapat membantu dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa dalam prosesnya. Sumber belajar yang diketahui yaitu sarana tau prasarana fasilitas pendidikan dengan komponen penting yang guna terlaksananya dsri proses pembelajaran dan khusunya di lingkugan anak sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang menunjukan bahwa media ajar yang melalui lingkungan sekolah yang memberikan rangsangan positif kepada siswa dengan mudah memahami materi ajar yang khusunya pada bertema lingkungan dan menunjukan nilai tinggi dianalisis sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan unuk mendapatakan kajian dan informasi terkait pentingnya kondisi lingkungan sekolah yang positif dan baik nagi sumber belajar yang mengajak siswa untuk aktif semangat dalam kegiatan belajar.
Abstract: This study examines learning resources that prioritize the school environment as a medium of learning for students in elementary schools, so that the environment which is the object of learning can be seen directly by students and can be addressed directly. can help in improving the quality of student learning in the process. Learning resources that are known are educational facilities and infrastructure with important components for the implementation of the learning process and especially in the school children's environment. Based on the results of research conducted by collecting data showing that teaching media through the school environment that provide positive stimulation to students easily understand teaching materials, especially on environmental themes and show high grades, are analyzed by elementary schools. This study aims to obtain studies and information related to the importance of a positive and good school environment as a learning resource that invites students to be active in learning activities.
Â
References
Ruswandi. 2008. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jakarta: Balai Pustaka.
ENZIR.2010.Metodologi penelitian kualitatif: Analisis Data. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran.
Munadi, Yudhi. 2008. Bandung Andi Ikhsan. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Alfabeta.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: pustaka pelajar.
Sudjana. R. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Taniredja. T.H. .2012. Penelitian kuantitatif Sebuah Pengantar. Bandung: Alfabeta.
Hamalik,O. 2000. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Arikunto, S. 2019. Prosuder Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.