Implementasi Perencanaan Pembelajaran Menggunakan Model Group Investigation Dengan Media Interaktif Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Kelas 2 SDIT Bait Adzkia Islamic School

Authors

  • Ana Nurhasanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rizky Anggraeni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6693

Keywords:

Perencanaan pembelajaran Model group investigation Keterampilan menyimak

Abstract

Abstrak: Penggunaan model pembelajaran menjadi suatu pola bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Adanya model pembelajaran menjadi pedoman bagi guru dalam merencanakan aktivitas pembelajaran. Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki peran sebagai wadah dalam mengembangkan keterampilan berbahasa, salah satunya keterampilan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa Kelas 2 SDIT Bait Adzkia Islamic School dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa sekaligus membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung.

Abstract:  The use of learning models becomes a pattern for teachers in carrying out classroom learning. The existence of a learning model becomes a guide for teachers in planning learning activities. Indonesian language learning has a role as a forum in developing language skills, one of which is listening skills. This study aims to describe the implementation of learning planning in improving the listening skills of Class 2 SDIT Bait Adzkia Islamic School students by applying the group investigation learning model. This study uses a qualitative descriptive method with data collection techniques using interviews and observations. The results of this study can improve students listening skills while making students active during the learning process.

References

Adi Sumarsono, Murni Sianturi. (2019). PELUANG MEDIA INTERAKTIF DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 101-109.

Eli Susanti, Astri Sutisnawati, Iis Nurasiah. (2019). PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS TINGGI. Jurnal Utile, 5(2), 123-133.

Evi Nur Aini. (2014). PENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SUBTEMA MANUSIA DAN PERISTIWA ALAM KELAS 5 SD NEGERI 1 BANYUSRI. 4(3), 54-67.

Fikria Nurfadhilah Yasmine, Ratna Trieka Agustina, & Titis Angga Rini. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI FILM ANIMASI BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(2), 170-181.

Sigit Vebrianto Susilo. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108-115.

Slamet Triyadi. (2015). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(2), 231-236.

Tio Gusti Satria. (2017). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK KELAS IV JAKARTA BARAT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 114-120.

Tira Widianti, Dadan Djuanda, & Diah Gusrayani. (2016). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DALAM MEMBUAT DENAH BERDASARKAN PENJELASAN YANG DIDENGAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Sindang V Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1-10.

Ulifatus Pebriana, Dyah Woro Wirastri Ekowati, & Frendy Aru Fantiro. (2017). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SDN PEJOK II KEDUNGADEM BOJONEGORO. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 766-772.

Yulianah Prihatin. (2017). Problematika Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal SASTRANESIA, 5(3), 45-52.

Downloads

Published

2022-01-24

Issue

Section

Articles