IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN TERPADU DI SDN KEBON JAHE
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v7i2.6762Keywords:
Pembelajaran tematis terintegrasiAbstract
Abstrak:Masalahnya adalah "bagaimana desain, proses, evaluasi dan faktor pendukung danMenghambat proses pembelajaran berbasis tema-terintegrasi di sekolah dasarSungai ya sub-kabupaten. Tujuan untuk menggambarkan desain, proses, evaluasi danFaktor pendukung dan menghambat proses pembelajaran berbasis tema yang terpadu diSekolah dasar di wilayah Sungai Raya. Data itu diperoleh melalui pengamatan,Wawancara mendalam, catatan lapangan dan analisis data dokumen dan dokumentasi dariProses pengajaran dan pembelajaran. Yang dianalisis dengan triangulasi untuk mendapatkanKeakuratan dan keabsahan data. Hasilnya adalah: (1) pelajaran tematik yang terintegrasiRencana yang dibuat oleh para guru secara umum telah memenuhi syarat dalam membuat rencanapelajaran tematik;(2) pembelajaran tematis yang terpadu diimplementasikan sesuai dengan program tersebutYang telah disiapkan; (3) evaluasi tidak monoton, evaluasiPembelajaran menggunakan beberapa alat penilaian untuk membuat gurulebih memahamiDengan karakteristik dan kemampuan dari pelajar (4) ketersediaan pelatihanAkses untuk guru dan pembatasan fasilitas dan infrastruktur menjadi sangatFaktor pendukung dan menghambat proses pembelajaran tematik yang terintegrasi.
Â
Abstract:The problem was “how is the design, process, evaluation and supporting factors andinhibiting the integrated thematic learning process in Public Elementary school inSungai Raya subdistrict. The aim to describe the design, process, evaluation andsupporting factors and inhibiting the integrated thematic learning process atElementary school in Sungai Raya sub-district. The data was obtained by observation,in-depth interview, field note and document data analysis and documentation ofteaching and learning process. The analyzed by triangulation in order to obtain theaccuracy and the validity of data. The results were: (1) integrated thematic lessonplan made by teachers in general had been qualified in making thematic lesson plan;(2) Integrated thematic learning was implemented in accordance with the programthat had been prepared; (3) The evaluation was not monotonous, the evaluation oflearning used several assessment instruments to make the teacher more understandwith the characteristics and capabilities of the learners (4) Availability of trainingaccessed for teachers and the limitation of facilities and infrastructure became a verysupportive factor and inhibit the thematic learningprocess Integrated.
Â
References
Abdul Majid, 2014. PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU. Bandung: Remaja Rosda karya.
Abdullah Sani, 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implelemtasi Kurikulum 2013(cetakan ke-1). Jakarta: Bumi Aksara. (Sri Utami. 2012. Pengembangan Pembelajaran Pendidikan
Hosnan, 2014. Pembelajaran Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Aba21 (cetakan ke1). Bogor: Ghalia Indonesia.
Kizlik,Bob,2014. Measurement.http://www.adprima.com/.htm. Diaskes,Selasa, 28 Januari 2016
Kunandar, 2013. Penilaian Autentik.Depok: Raja Grafindo Persada.
Lexy J. Muleong, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.Miller, Patrick W, 2008. Measurement andTeaching.United States of America: Patrick W. Miller & Associates Munster.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 65 Tahun 2013tentang Standar Proses Pendidikan Dasar danMenengah. 2013. Jakarta. Kemendikbud.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014tentang Pembelajaran pada Pedidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Kemdikbud
Ridwan Abdullah Sani, 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implelemtasi Kurikulum 2013 (cetakan ke-1). Jakarta: Bumi Aksara.
Sri Utami. 2012. KewarganegaraandenganPendekatan Tematik dalam UpayaPembinaan Sikap Cinta tanahAir/Disertasi.Bandung:UPI.
Tahmid Sabri. 2000. Pembelajaran Terpadu Model Integrateddengan Tema SentralPengendalian Populasi Makhluk Hidup/ Tesis. Bandung: UPI. Travers, Robert, M, W, 1977. Essentials Of Learning. Fourth Edition. Nek York: Macmillan
Trianto, 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik.Jakarta: PTPrestasi Pustakarya............. 2013. ModelPembelajaran Terpadu.Jakarta: Bumi Aksara.