NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANTARES KARYA RWEINDA

Authors

  • Hidayah Budi Qur’ani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Purwati Anggraini Universitas Muhammadiyah Malang
  • Joko Widodo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6935

Keywords:

KreativitasPengarang Nilai Pendidikan Karakter Novel Populer

Abstract

Abstrak:Novel populermerupakan salah satu jenis karya sastra yang sangat digemari remaja. Hal itu disebabkankarenacerita yang diangkat oleh pengarangsangatdekatdengankehidupanremaja. Pendidikan karaktermemangtidakbolehdipisahkandalamkehidupansehari-hariterutama pada saatremaja. Mulai darikehidupankeluarga, sekolah, hinggapergaulan. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikannilai-nilai Pendidikan karakter dan kreativitaspengarangdalammenciptakankaraktertokoh yang terdapat pada novel Antares karyaRweinda. Sumber data pada penelitianiniadalah novel yang berjudulAntares karyaRweindaditerbitkan oleh Lovable tahun 2020. Data penelitianberupasatuan kata dan kalimat yang menggambarkannilai-nilaikarakter pada tokoh novel. Hasil daripenelitianiniadalahterdapat lima bentuknilaipendidikan yang digambarkandalam novel Antares karyaRweindadiantaranyatoleransi, tanggungjawab, kejujuran, solidaritas, dan berani. Kelimanilaipendidikankaraktertersebutsangatpatutuntukdicontohbagiremaja sat ini. Sehingga, novel inidapatdigunakansebagaialternatifdalampembelajarankarakter.Penggambarannilaipendidikankarakterdalam novel Antares karyaRweinda yang ditunjukkanmelaluikaraktertokohtidakterlepasdarikreativitaspengarang. Rweindasebagaipengarang novel inimampumenciptakantokohdenganberbagaikaraktertidakterlepasdarilingkungantempattinggalnya. Rweinda yang masihremajamampumenciptakantokohremajadengankarakter dan problem yang dialamisesuaidengankehidupanremaja.

 

Abstract:Popular novels are one type of literary work that is very popular with teenagers. This is because the story that the author uses is very close to the lives of teenagers. Character education should not be separated in everyday life, especially during adolescence. Starting from family life, school, to social life. This study aims to describe the values of character education and the creativity of the author in creating the characters found in the novel Antares by Rweinda. The data source in this study is a novel entitled Antares by Rweinda published by Lovable in 2020. The research data is in the form of units of words and sentences that describe the character values of the novel characters. The results of this study are that there are five forms of educational values described in the novel Antares by Rweinda including tolerance, responsibility, honesty, solidarity, and courage. The five values of character education are very exemplary for today's youth. Thus, this novel can be used as an alternative in character learning. The depiction of the value of character education in the novel Antares by Rweinda which is shown through the characters cannot be separated from the creativity of the author. Rweinda as the author of this novel can create characters with various characters that cannot be separated from the environment in which they live. Rweinda who is still a teenager can create teenage characters with characters and problems experienced by the lives of teenagers.

 

References

(1) A.A.N.B.J. Dewanta, I. W. R. I. N. M. (2021). Proses Kreatif Dee Lestari dalam Penulisan Novel Aroma Karsa. 10(1), 16–27.

(2) Adji, M. (2019a). Konstruksi Budaya Anak Muda pada Novel Populer Indonesia Tahun 2000-an. Panggung, 29(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v29i2.907

(3) Adji, M. (2019b). Perspektif Gender Pada Novel-Novel Populer: Pendekatan Sosiologi Sastra Berperspektif Feminis Terhadap Novel Sang Pemimpi. Universitas Padjajaran.

(4) Al Ashadi Alimin, S. S. (2018). Nilai Keberanian dalam Novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye Jurnal. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–5.

(5) Eka Sapti Cahyaningrum, Sudaryanti, N. A. P. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.

(6) Febrianshari, D., Kusuma, V. C., Jayanti, N. D., Ekowati, D. W., Prasetya, M. Y., & Suwandayani, I. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(April), 88–95.

(7) https://www.youtube.com/watch?v=pCNr6mNxVCA&t=12s&ab_channel=MDEntertainmentdiakses pada tanggal 26 Agustus 2021.

(8) Intan, T. (2019). Resepsi Remaja Perempuan Pembaca Novel Populer. METAHUMANIORA, 9(September), 157–167.

(9) Irma, C. N. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Retorika, 11(1), 14–22. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4888

(10) Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai- Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164.

(11) Kebudayaan, K. P. dan. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (L. Muliastuti (ed.)). TIM PPK Kemendikbud.

(12) Milawasri, F. A. (2017). Analisis Karakter Tokoh Utama Wanita dalam Cerpen Mendiang Karya S.N. Ratmana. Bindo Sastra, 1(2), 87–94.

(13) Oktaviani, V. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Mantappu Jiwa Karya Jerome Polin Sijabat dan Relevansinya Dengan Pendidikan Masa Kini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

(14) Qur’ani, H. B. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Babad Tanah Jawa. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 7(2), 182–197.

(15) Rahayu, A. A. (2020). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Seri Dongeng Populer Anak Indonesia Karya Tira Ikranegara dan Mb. Rahimsyah dengan Materi Pengembangan Karakter di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

(16) Rweinda. (2020). Antares. Jakarta: Lovable.

(17) Setiawan, A. D., & Bezaleel, M. (2019). Perancangan Film Pendek “ Bukan Hak-Ku †Untuk Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Anak Usia 8-12 Tahun.ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 05(01), 127–140.

(18) Sobon, K. (2018). Konsep Tanggung Jawab Dalam Filsafat Emmanuel Levinas. Jurnal Filsafat, 28(1), 47–73. https://doi.org/10.22146/jf.31281

(19) Solichah, H. R. (2019). Solidaritas Pengikut Ahmadiyah dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari. Kajian Sosiologi Sastra.

(20) Tony Salurante, Riste Tioma Silaen, Yane Keluanan, Y. B. (2021). Tanggung Jawab Menjalankan Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19. VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 3(1), 63–83.

(21) Widhari Putri, Mursalim, D. D. (2020). Tanggapan Remaja di Samarinda Terhadap Novel Populer Jingga Dan Senja Karya Esti Kinasih: Kajian Resepsi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(April), 201–210.

(22) Yahya, A. S. (2017). Ngaji Toleransi. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-01-28

Issue

Section

Articles