ANALISIS KALIMAT PERSUASIF DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PENJUALAN ONLINE PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (IG)
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6939Keywords:
Kalimat Persuasif Komunikasi InstagramAbstract
Abstrak:Kalimat persuasif adalah kalimat ajakan yang berfungsi untuk menggiring opini pembacanya agar mengikuti maksud dan tujuan dari pembuat kalimat tersebut. Instagram saat ini menjadi media sosial yang cukup banyak digunakan di Indonesia, tidak hanya sebagai media bersosialisasi melalui dunia maya Instagra tetapi juga dimanfaatkan penggunanya untuk aktifitas jual beli.  Kalimat persuasif digunakan oleh penjual untuk menarik konsumen agar berbelanja di lapaknya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kalimat persuasif dan makna kalimat persuasif  yang digunakan oleh penjual di instagram. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penjual di instagram menggunakan kalimat persuasif agar mendapatkan perhatian dari pembeli, maka kalimat persuasif yang digunakan berupa kata-kata populer bahasa gaul dan menggunakan bahasa asing.
Abstract:A persuasive sentence is an invitation sentence that serves to lead the opinion of the reader to follow the intent and purpose of the maker of the sentence. Instagram is currently a social media that is quite widely used in Indonesia, not only as a medium for socializing through cyberspace but also being used by users for buying and selling activities. Persuasive sentences are used by sellers to attract consumers to shop at their stalls. The purpose of this study was to determine the types of persuasive sentences and the meaning of persuasive sentences used by sellers on Instagram. The method used in this research was descriptive qualitative. The results of this study found that sellers on Instagram use persuasive sentences to get the attention of buyers, so the persuasive sentences used were in the form of popular words (slang) and use foreign languages.
References
Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. 2020. Statistik E- Commerce 2020. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.
Chaer. Abdul.2012. Linguistik Umum.Yogyakarta: Rineka Cipta
Cangara, Hafied. 2017. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Creswell, D., & Creswell, W.J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative & Mixed Methods Approaches (5th ed). Great Britain: Sage Publications, Inc
De Fleur, Melvin L and Sandra Ball-Rokeach. 1982. Theories of Mass Communication. New York: Longnam
Kotler.P., & Armstrong.G. (2018). Principles of Marketing (17th ed). United Kingdom: Pearson Education Limited.
Kuspriyono, Taat dan Danang Dwi Harmoko. 2017. Analisis Pesan Persuasif dalam Advetorial OLX pada Situs Berita Online Kompas.Com. Konfrensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi. Indonesia. 433-438.
Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. (2009). Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.
Lipschultz, H.J. (2018). Social Media Communication (2nd ed). New York: Routledge.