Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Materi Pecahan Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.7399Keywords:
Efektivitas, Modul Pembelajaran, kontekstual, pecahanAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penggunaan modul pembelajaran berbasis konstekstual pada materi pecahan siswa SD. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2 Tamansar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan diperoleh data yaitu 93,75% pada kategori terlaksana dengan “sangat baikâ€. Selanjutnya Keefektifan modul pembelajaran matematika termasuk dalam kategori tinggi dan kemudian dikalikan 100% sehingga menghasilkan 82,16% yang di mana apabila di masukkan ke dalam data kualitatif termasuk ke dalam kriteria “efektifâ€.Abstract:This study aims to determine the effectiveness of the use of contextual-based learning modules on elementary students' fraction material. The research was conducted on fourth grade students of SDN 2 Tamansari. The type of research used is a quasi-experimental research. Judging from the implementation of learning observed from the observation sheet on the implementation of learning and data obtained, namely 93.75% in the "very good" category. Furthermore, the effectiveness of the mathematics learning module is included in the high category and then multiplied by 100% to produce 82.16% which when entered into qualitative data is included in the "effective" criteria.
References
Fatimah. 2009. Fun Math Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Bandung. DAR Mizan
Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Agustina Fatmawati. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Sma Kelas X. 2020, hlm. 31–42 103. / http://www.Google.Cendekia.
solikha, nikmatus. (2020). Efektifitas pembelajaran e-learning berbasis schoology terhadap peningkatan keaktifan dan hasil
belajar siswa X IPS MAN kota pasuruan
Volume 11, Nomor 1, hal 31-42, http://www.Google.Cendekia. (diakses 20 Januari 2022)