Revitalisasi Nilai Estetis Tembang-Tembang Teks Indarjaya Sasak Terhadap Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.7428Keywords:
Revitalisasi, nilai, estetika, pendidikan karakter, pembelajaranAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan dalam rangka usaha mencari/menemukan/mengidentifikasi, mengumpulkan dan memaparkan nilai-nilai estetis yang terkandung dalam tembang-tembangteksIndarjaya Sasak, kemudian hasil penelitian ini dapat memaparkan bagaimana revitalisasi nilai estetis tembang-tembang naskah Indarjaya Sasak terhadap pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Etnografi. Etnografi Âyang akan dibahas lebih lanjut dalam tulisan ini – merupakan salah satu metode penelitian kualitatif. Etnografi digunakan untuk meneliti perilaku-perilaku manusia berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi dalam setting sosial dan budaya tertentu. Yang menjadi kajian etnografi adalah unsur kebudayaan suatu masyarakat seperti, bahasa, mata pencaharian, sistem teknologi, organisasi sosial, kesenian, sistem pengetahuan, dan religi. Etnografi juga merupakan sebuah produk dari suatu penelitian, dan outputnya biasanya berbentuk sebuah tulisan yang terangkum dalam sebuah buku. Penganalisisan data pada penelitian ini melalui kajian atau telaah pustaka atau analisis teks. Analisis pada penelitian ini dilakukan secara manual terhadap bentuk data-data yang ada, dalam rangka mencari dan mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung. Data-data hasil identifikasi dibaca secara berulang-ulang dan dihayati dalam rangka mendapatkan data yang tepat dan teliti, yang dijadikan data primer dalam tulisan ini.
Â
Abstract: The research aimed to identify, collect, and elaborate esthetic values in SasakIndarjaya text songs. Further the result of this research can elaborate how to revitalization of esthetic values of Sasak Indarjaya text songs to character based learning in Indonesian literature learning. This research applied ethnography method. The ethnography discussed in this research belongs to qualitative research method. Ethnography is used to research the human attitudes related to technology development, communication in certain social and cultures. The scopes of ethnography discussion are the substances of further, the text alalysis wa conducted manually to the data available in order to find and identify the values. The data of identification result was read cultures in society such as language, jobs, technology system, social organization, arts, knowledge system and religion. Ethnography is also a product of research, whose output is commonly in the form of writing, summarized in a book. The data alalysis, contenously and solemnly to get an accurate and approximate data wich later became a primer data in this writing.
Â
Â
References
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra, Bandung: Sinar Baru
Algesindo Ahmadi, Iif Khoiru dan Amri, Sofan dan Elisah, Tatik. 2011. Strategi PembelajaranSekolah Terpadu â€Pengaruhnya Terhadap Konsep Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeriâ€, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Amri, Sofan, Ahmad Jauhari dan Tatik Elisa. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Pulisher.
Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana
Bangsawan, Irwan P Ratu. 2013. Revitalisasi Sastra Tutur di Banyuasin Sumsel. Republika: Disadur dari http://sosbud.kompasiana.com/2013/08/04/revitalisasi- sastra-tutur-di-banyuasin-sumsel-579022.html
Creswell, J. W.. 1998. Qualitatif Inquiry and Research Design, California: Sage Publications, Inc
Djelantik, A. A. M.. 1999. Estetika Sebuah Pengantar,Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia
Faruk, Prof. Dr., , (Cetakan I) 2012. Metode Penelitian Sastra “sebuah penjelajahan awalâ€. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pusaka
Ibrahim, Prof. Dr. Abdul Syukur, (Cetakan I) 2009. Metode Analisis Teks dan Wacana, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kontjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: PT. Rineka Cipta