Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Janji Karya Tere Liye serta Implementasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA
DOI:
https://doi.org/10.31764/telaah.v7i2.9630Keywords:
Sosiologi sastra, Pendidikan karakter, karya sastra, Pembelajaran SastraAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian sosiologi sastra dan pendidikan karakter dalam novel Janji karya Tere Liye serta implementasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dengan Teknik sadap dan catat. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan Teknik triangulasi data. Adapun hasil penelitian ini yaitu, dalam novel Janji menceritakan kisah spiritual tokoh utama dalam kehidupannya sehari-hari, seperti hubungan masyarkat dengan agama, sosial, budaya, dan tempat tinggal. Dalam novel Janji terdapat pendidikan karakter yaitu religius, mandiri, jujur, rasa ingin tahu, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab, Pengimplementasian kajian sosiologi dan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat disesuaikan dengan Kopetensi Dasar pada SMA kelas XII yaitu menafsirkan pandangan pengarang terhadap kehidupan novel yang dibaca dan menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis.
References
Ahyar, J. (2019). Apa Itu Sastra; Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra.
Djumali. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran. Journal Al Ulum, 2, 111–116.
Fitriani, F. (2021). Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. 6(2), 6.
Nasution, W. (2016). Kajian Sosiologi Sastra Novel Dua Ibu Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Tinjauan Sastra. Jurnal Bahasa STKIP, IV(1), 14–27.
Nugroho, A. (2018). Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 28–42. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.153
Nurhuda, T. A., J. Waluyo, H., & Suyitno, S. (2018). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di Sma. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 103. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3090
Saddhono, K., Waluyo, H. J., & Raharjo, Y. M. (2017). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar Di Sma. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 16–26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627
Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Konsepsi, 10(1), 17–27. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4