Pengenalan Teknologi Augmented Reality Pada Pembelajaran Huruf Hijaiyyah di SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20138Keywords:
Augmented Reality, Huruf Hijaiyyah, TeknologiAbstract
Teknologi Augmented Reality (AR) dalam Pendidikan dasar Al-Qur’an, khususnya dalam pengenalan huruf hijaiyyah. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual melalui penggunaan kamera AR dan marker. Al-Qur’an sebagai landasan dasar dalam kehidupan umat islam, sehingga Pendidikan dasar Al-Qur’an sejak usia dini sangat penting. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi AR dalam pembelajaran huruf hijaiyyah kepada siswa-siswi. Siswa dan orang tua dari SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong menunjukkan antusiasme dalam mencoba aplikasi yang dirancang, yang mencakup fitur-fitur seperti AR Hijaiyyah, materi, kuis, dan petunjuk. Melalui aplikasi ini, diharapkan siswa tidak hanya dapat melihat huruf hijaiyyah dalam bentuk 3D, tetapi juga meningkatkan pengetahuan mereka melalui materi dan kuis. Penerapan teknologi AR ini diharapkan dapat membantu siswa memahami dan mengaplikasikan huruf hijaiyyah dalam membaca Al-Qur'an, sambil memperkenalkan mereka pada perkembangan teknologi, terutama Augmented Reality.
ÂReferences
Dewi, N. A. (2020). Aplikasi Pengenalan Buah dan Binatang Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini, 8-14.
Indah Purnama Sari, I. H. (2022). Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer, 209-215.
Junaidi, M. S. (2023). Pendidikan Kesehatan Gigi dan Peningkatan Keterampilan Menyikat Gigi Menggunakan Aplikasi Virtual Reality pada Anak USia Dini di Desa Pondok Meja Tahun 2023. J-Dinamika, 247-252.
Rendy Munadi, N. F. (2022). Media Pembelajaran Tematik Belajar Sholat Menggunakan Augmented Reality (AR) Untuk Sekolah dasar Al-Quran Madani Kabupaten Cianjur. Prosiding Community Service & Engagement Seminar (COSECANT) 2022 "Digital Transformation for Sustainability".
Rizqi Putri Nourma Budiarti, E. S. (2022). Pengenalan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pembelajaran Digital di Pondok Pesantren Al Muin Syarif Hidayatullah. Communautaire: Journal of Community Service, 90-97.
Syifaul Fuada, N. A. (2023). Penggunaan Augmented Reality di Google Chrome Android Sebagai Media Pengenalan Binatang Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdia Masyarakat Ipteks, 56-64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.    Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini
    Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama (lihat The Pengaruh Open Access).