Pelaksanaan Program Kkn Internasional Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur-Malaysia Cabang Sanggar Belajar Sungai Penchala
DOI:
https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20158Keywords:
KKN, Nasionalisme, Muhammadiyah.Abstract
KKN sekarang sudah memiliki banyak jenis dan program yang bisa diikuti oleh mahasiswa, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Untuk mahasiswa di perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA) terdapat juga program KKN Mas dengan tingkat nasional dan juga KKN Internasional yang dikelola oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bidang Majelis Diktilitbang. Kegiatan KKN Internasional tahun ini masih diselenggarakan di Malaysia melalui berbagai sanggar belajar (SB) dengan berbagai mitra yang sudah ditentukan. Kegiatan ini diawali dengan persiapan, analisis situasi dan pelaksanaan program. Hasil kegiatan ini yaitu pelaksanaan program kegiatan terdiri dari program akademik, keagamaan, kebudayaan dan kesehatan. Kegiatan ini memberikan manfaat untuk anak-anak Indonesia untuk menambah pengetahuan mereka tentang Indonesia seperti kebudayaan, suku-suku, kepulauan dan tentunya mengenal Muhammadiyah.
References
Andita, L. R., Damayanti, C., & Suryo, H. (2016). Peran KJRI kota Kinabalu dalam meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak buruh migran Indonesia (TKI) di Sabah. Transformasi.
Awaluddin, M., & Hidayat, R. (2018). Kerusakan Lingkungan dalam Kegiatan Peningkatan Produktivitas Manusia Sebagai Tantangan Pemerintah Daerah. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik.
Hidayat, R., & Suryono, A. (2014). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN DANA BOS DAN LAPORAN KEUANGAN BOS. REFORMASI.
Prasetyo, D. T., Tarma, & Putri, V. U. G. (2020). “AKU MASIH CINTA INDONESIAâ€: STUDI PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME DALAM KELUARGA PADA ANAK-ANAK BURUH MIGRAN INDONESIA DI MALAYSIA. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan). https://doi.org/10.21009/jkkp.071.08
Saddam, S., Iskandar, I., Lestanata, Y., Sudarta, S., Hidayat, R., Rachman, M. T., Zitri, I., Ardyawin, I., Rifaid, R., Jafar, M. U. A., Iswanto, D., Sakban, A., Isnaini, I., Rahman, N., Setiawan, I., Ilham, I., Pratama, I. N., Hidayatullah, H., & Fariadin, A. (2022). Penguatan Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Melalui Penerapan Baitul Arqam Bagi Pemuda Muhammadiyah. Abdimas Mandalika. https://doi.org/10.31764/am.v1i1.8033
Salmin, Palahuddin, Rahmad Hidayat, Amil, M. (2022). Penguatan Sistem Administrasi Skala Prioritas Pemerintah Desa. Jces.
Selva, S., Tri Yunarni, B. R., & Hidayat, R. (2016). PENGARUH DIMENSI-DIMENSI NILAI YANG DIPERSEPSIKAN, KEPUASAN, KETERLIBATAN, DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA LOYALITAS MEREK. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v2i2.125
Suprapto, S. (2017). LAYANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK BURUH MIGRAN INDONESIA DI KOTA KINABALU SABAH MALAYSIA. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.306
Viviansari, D. B. (2019). Tanggung Jawab Negara terhadap Pemenuhan Hak atas Pendidikan Anak Buruh Migran Indonesia di Malaysia. Jurnal HAM. https://doi.org/10.30641/ham.2019.10.179-194
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.    Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini
    Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama (lihat The Pengaruh Open Access).