SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA UMKM

Authors

  • Agus Khazin Khazin Fauzi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Sofiati Wardah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Baiq Desthania Prathama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Baehaki Syakbani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Lalu Mimbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Khaerul Hadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • I Nengah Arsana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Yuli Astini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
  • Anna Apriana Hidayanti Universitas Mataram
  • Muhammad Rizky Hadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

DOI:

https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20330

Keywords:

sosialisasi, pendampingan, digital marketing, pengelolaan keuangan, UMKM .

Abstract

Masih rendahnya pemanfaatan digital marketing dan pengelolan keuangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi hal penting yang harus diperhatikan.  Hal ini dikarenakan bahwa usaha yang digeluti selama ini teknik pemasarannya masih secara konvensional, belum memiliki logo dan packaging yang bagus maupun pencatatan keuangan yang belum maksimal ditambah dengan literasi keuangan yang rendah. Lokasi kegiatan pengabdian ini dilakukan di Desa Kediri Selatan Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengenai pentingnya digital marketing dan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Metode yang digunakan adalah sosialiasi dan pendampingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pemahaman pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentang digital marketing dan pengelolaan keuangan menjadi meningkat dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menyadari untuk segera mengaplikasikan wawasan yang diperoleh dari kegiatan ini dikarenakan digital marketing dan pengelolaan keuangan yang baik dan benar mampu meningkatkan omset atau penjualan sehingga berdampak terhadap peningkatan kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Author Biographies

Agus Khazin Khazin Fauzi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Akuntansi

Sofiati Wardah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Akuntansi

Baiq Desthania Prathama, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Keuangan dan Perbankan

Baehaki Syakbani, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Manajemen

Lalu Mimbar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Manajemen

Khaerul Hadi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Keuangan dan Perbankan

I Nengah Arsana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Keuangan dan Perbankan

Yuli Astini, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Akuntansi

Anna Apriana Hidayanti, Universitas Mataram

Agribisnis

Muhammad Rizky Hadi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM

Akuntansi

References

Adviola, T. F., Priyambudi, N. A., Khotimah, A. A. H., Erlushandy, D. P., & Budiwitjaksono, G. S. (2023). Sosialisasi Digital Marketing dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(2).

Fadilah, A. O. (2018). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 3308–3313.

Halimah, Erwan, S., Asep, S., Darwati, J., & Aisah. (2023). Upaya Peningkatan Omset Sale Roll Nazario Sebagai Produk Unggulan Daerah Cikalongkulon Kabupaten Cianjur. Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(September), 1581–1589.

Ilmi, M., & Supeni, N. (2022). Sosialisasi Pemasaran Digital , Literasi Keuangan Dan Pelatihan Pembuatan Besek Tape Bagi UMKM Desa Kasiyan Kecamatan Puger , Jember. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 1(2), 40–45.

Malut, M. G., Kroon, K. K., Paridy, A., & Nay, Y. A. (2021). Minat Berwirausaha di Tengah Pandemi Covid-19. SeminarNasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 “Perguruan Tinggi Mengabdi, Menuju Desa Mandiri,†996–1004.

Marjulin, Maulizar, Raihan, R., Elvina, & Aryati. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Dan Penggunaan Digital Marketing Bagi UMKM Binaan Politeknik Negeri Lhokseumawe. Prosiding Seminar Politeknik Negeri Lhoksemawe, 6(1), 149–153. http://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/view/3571

Muhsin, A., Nafisah, L., & Siswanti, Y. (2018). Participary Rural Appraisal (PRA) for Corporate Social Responsibility (CSR) (1st ed.). Deepublish.

Ratniasih, N. L., & Nugraha, D. H. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing dan Pengelolaan Keuangan Pada Toko Bahan Kue. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 6–12.

Rohmayanti, Rahmatian, B. Y., Syahrian, R. A., Pitaloka, D. A., Yasmin, S., & Febriyani, P. (2023). Pengembangan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan bagi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 432–439. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.393

Septian, F., Syaripudin, A., Punkastyo, D. A., & Nugroho, F. A. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM dan Pemuda Karang Taruna Cilandak Barat. Jamaika : Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 72–80.

Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1–10.

Suyanto, Ch, U. H., Maharani, B. D., Wulandari, I., & Rfnurhidayati. (2022). Sosialisasi Pengembangan UMKM di Dusun Kalangan Kebonagung Imogiri Bantul. Abdimas Dewantara, 5(1), 18–23.

Tarmizi, M. I., Lailla, N., Hidayat, G., Zhafarina, A., & Rusdi, S. A. (2023). Mewujudkan Akuntansi Melalui Model Pembukuan Sederhana & Flayer Promosi Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha Rumahan Abuna. Alamtana : Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW MAtaram, 04(02), 2–7.

Undari, W., & Lubis, A. S. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.702

Downloads

Published

2023-12-08

Issue

Section

Articles