SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20330Keywords:
sosialisasi, pendampingan, digital marketing, pengelolaan keuangan, UMKM .Abstract
Masih rendahnya pemanfaatan digital marketing dan pengelolan keuangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Â Hal ini dikarenakan bahwa usaha yang digeluti selama ini teknik pemasarannya masih secara konvensional, belum memiliki logo dan packaging yang bagus maupun pencatatan keuangan yang belum maksimal ditambah dengan literasi keuangan yang rendah. Lokasi kegiatan pengabdian ini dilakukan di Desa Kediri Selatan Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengenai pentingnya digital marketing dan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Metode yang digunakan adalah sosialiasi dan pendampingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pemahaman pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentang digital marketing dan pengelolaan keuangan menjadi meningkat dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menyadari untuk segera mengaplikasikan wawasan yang diperoleh dari kegiatan ini dikarenakan digital marketing dan pengelolaan keuangan yang baik dan benar mampu meningkatkan omset atau penjualan sehingga berdampak terhadap peningkatan kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
References
Adviola, T. F., Priyambudi, N. A., Khotimah, A. A. H., Erlushandy, D. P., & Budiwitjaksono, G. S. (2023). Sosialisasi Digital Marketing dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(2).
Fadilah, A. O. (2018). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 3308–3313.
Halimah, Erwan, S., Asep, S., Darwati, J., & Aisah. (2023). Upaya Peningkatan Omset Sale Roll Nazario Sebagai Produk Unggulan Daerah Cikalongkulon Kabupaten Cianjur. Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(September), 1581–1589.
Ilmi, M., & Supeni, N. (2022). Sosialisasi Pemasaran Digital , Literasi Keuangan Dan Pelatihan Pembuatan Besek Tape Bagi UMKM Desa Kasiyan Kecamatan Puger , Jember. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 1(2), 40–45.
Malut, M. G., Kroon, K. K., Paridy, A., & Nay, Y. A. (2021). Minat Berwirausaha di Tengah Pandemi Covid-19. SeminarNasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 “Perguruan Tinggi Mengabdi, Menuju Desa Mandiri,†996–1004.
Marjulin, Maulizar, Raihan, R., Elvina, & Aryati. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Dan Penggunaan Digital Marketing Bagi UMKM Binaan Politeknik Negeri Lhokseumawe. Prosiding Seminar Politeknik Negeri Lhoksemawe, 6(1), 149–153. http://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/view/3571
Muhsin, A., Nafisah, L., & Siswanti, Y. (2018). Participary Rural Appraisal (PRA) for Corporate Social Responsibility (CSR) (1st ed.). Deepublish.
Ratniasih, N. L., & Nugraha, D. H. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing dan Pengelolaan Keuangan Pada Toko Bahan Kue. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 6–12.
Rohmayanti, Rahmatian, B. Y., Syahrian, R. A., Pitaloka, D. A., Yasmin, S., & Febriyani, P. (2023). Pengembangan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan bagi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 432–439. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.393
Septian, F., Syaripudin, A., Punkastyo, D. A., & Nugroho, F. A. (2020). Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM dan Pemuda Karang Taruna Cilandak Barat. Jamaika : Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 72–80.
Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1–10.
Suyanto, Ch, U. H., Maharani, B. D., Wulandari, I., & Rfnurhidayati. (2022). Sosialisasi Pengembangan UMKM di Dusun Kalangan Kebonagung Imogiri Bantul. Abdimas Dewantara, 5(1), 18–23.
Tarmizi, M. I., Lailla, N., Hidayat, G., Zhafarina, A., & Rusdi, S. A. (2023). Mewujudkan Akuntansi Melalui Model Pembukuan Sederhana & Flayer Promosi Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha Rumahan Abuna. Alamtana : Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW MAtaram, 04(02), 2–7.
Undari, W., & Lubis, A. S. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.702
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.    Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini
    Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama (lihat The Pengaruh Open Access).