Pendampingan Anak Sungai Nyalo Belajar Bahasa Inggris Dalam Mendukung Desa Wisata Melalui Media Flashcards
DOI:
https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20371Keywords:
Pendampingan, Bahasa Inggris, desa wisata, media flashcardAbstract
Sungai Nyalo adalah salah satu tujuan wisata populer di Sumatera Barat. Dalam upaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat mendukung kegiatan pariwisata di masa mendatang, diperlukan pendampingan untuk mempersiapkan generasi penerus desa wisata sejak dini. Salah satu aspek pentingnya adalah kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Agar bahasa Inggris dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, perlu diperkenalkan sejak dini dengan menekankan keanekaragaman lingkungan di Nagari Sungai Nyalo. Metode yang digunakan melibatkan: 1) mendampingi anak-anak Nagari Sungai Nyalo dalam belajar bahasa Inggris dengan tujuan mempersiapkan generasi penerus Nagari Sungai Nyalo yang mahir menggunakan bahasa Inggris, dengan memanfaatkan media Flashcard. 2) Membentuk kelompok belajar bahasa Inggris yang ditujukan untuk anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Hasil dari kegiatan ini mencakup dua kegiatan utama. Pertama, menentukan anak-anak Nagari yang akan mendapatkan pendampingan belajar bahasa Inggris dengan membangun hubungan yang erat antara anak-anak dan lingkungannya, sesuai dengan usia dan ketertarikan mereka. Kedua, membentuk kelompok belajar bahasa Inggris dengan mengidentifikasi kebutuhan anak-anak Nagari Sungai Nyalo dalam meningkatkan empat keterampilan berbahasa Inggris, yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Implikasi dari kegiatan ini adalah agar anak-anak Sungai Nyalo terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.References
Afriani, R., Megista, D., & Alhusna, A. (2021). Tips Cepat Membaca Operasi Hitung Dan Berbagai Macam Angka Dalam Bahasa Inggris. Transformasi : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 92. https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i2.5468
Afriani, R., & Silvia, E. D. (2020). Lecturers’ Perception on English Ability in Supporting the Quality of Teaching. 463, 316–319. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200819.064
Condon, E. M., Dettmer, A. M., D, G., Ch, B., Lee, K. S., Mayes, L. C., Cs, S., & Tseng, W.-C. (2020). COVID-19 Exposes Enduring Inequalities for Children &Amp;amp; Families. https://doi.org/10.31234/osf.io/28vsj
Crendy, T. Y. T., Luqman, S., Farah, U. S., & Eunice, D. (2021). Refugees Life in Malaysia: A Review Paper. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (Mjssh). https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i9.1013
Istiqomah, I., & Nazif, A. (2019). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Banjarbaru. DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 127–139. https://doi.org/10.47732/darris.v2i2.131
Maili, S. N., & Hestiningsih, W. (2017). Masalah-Masalah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2607
Mukminatun, S. (2010). Teknik Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak. Rev Reprod. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132299489/pengabdian/teknik-pengajaran-bahasa-inggris-untuk-anak.pdf
Nasution, A., & Rahim, R. (2022). The Development of Flashcard Media to Improve Students’ English Vocabulary in English Lessons at MIS Nurul Hidayah Medan. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran). https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.22521
Purwantiningsih, B., Sunan, U., & Surabaya, G. (2021). Pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris di kampoeng sinaoe siwalayanpanji buduran sidoarjo. 17, 108–120.
Sepdanius, E., Komaini, A., & Dan Afriani, R. (2018). Standarization of experiential learning facilitator in West Sumatera. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 294–305. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19745
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Sutono, S., & Rustandi, D. (2022). Metode Pieces Dalam Perancangan Game Edukasi Belajar Mudah Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 10(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v10i3.2673
Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82–97.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.    Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini
    Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama (lihat The Pengaruh Open Access).