Meningkatkan Hard Skill Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Pelatihan Penggunaan Geogebra
DOI:
https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20393Keywords:
Hard Skill, Pelatihan GeoGebra, Mahasiswa Calon Guru MatematikaAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan hard skill mahasiswa calon guru matematika melalui pelatihan intensif penggunaan GeoGebra, dengan Program Studi Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA sebagai mitra utama. Masalah yang diidentifikasi adalah kesulitan mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi yang diperlukan untuk mengajar matematika dengan teknologi, khususnya dalam menggunakan GeoGebra sebagai alat bantu. Solusi yang diusulkan adalah penyelenggaraan workshop GeoGebra yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengajar dan memanfaatkan teknologi ini secara efektif. Target luaran melibatkan peningkatan pemahaman konsep GeoGebra, keterampilan dalam mengoperasikan sofware ini, kemampuan merencanakan sesi pembelajaran interaktif, dan keterampilan dalam mengevaluasi penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Langkah-langkah pelaksanaan mencakup workshop intensif dengan presentasi, demonstrasi, dan latihan praktis, materi yang mencakup pengenalan GeoGebra, penggunaan fitur utama, pembuatan aktivitas pembelajaran, serta evaluasi. Selama dan setelah pelatihan, mahasiswa mendapatkan bimbingan dan evaluasi berkala untuk memastikan perkembangan dan penguasaan hard skill mereka. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan ini, beberapa kesimpulan dapat diambil antara lain 1) Kegiatan pelatihan GeoGebra berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep dan potensi penggunaan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Mahasiswa telah mampu memahami manfaat alat ini dan potensinya dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif; 2) Pelatihan ini juga efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan dan memanfaatkan fitur-fitur GeoGebra untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran yang interaktif. Mahasiswa mampu membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.
References
Apriani, W., & Hayati, R. (2022). Pengaruh aplikasi geogebra terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi geometri transformasi. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(2), 281–292. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3456
Arjana, I. G. (2023). Efektivitas penggunaan lembar kerja interaktif berbasis geogebra dalam meningkatkan efikasi diri mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 13(2), 76–83.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Ermiana, I., Umar, U., & Handika, I. (2023). Pelatihan penggunaan aplikasi geogebra sebagai media pembelajaran inovatif pada calon guru sekolah dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 163–170. https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i3.3037
Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan program geogebra dalam pembelajaran matematika. Delta-Pi : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.
Khalil, M., Sultana, N., & Khalil, U. (2017). Exploration of mathematical thinking and its development through geogebra. Journal of Educational Research, 20(1), 83–99. www.geogebra.org.
Latri, L., Juhari, A., Hermuttaqien, B. P. F., & Hartoto, H. (2020). Efektivitas media pembelajaran geogebra dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri calon guru sekolah dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 169–179. https://doi.org/10.21067/jip.v10i2.5106
Mthethwa, M., Bayaga, A., Bossé, M. J., & Williams, D. (2020). Geogebra for learning and teaching: A parallel investigation. South African Journal of Education, 40(2), 1–12. https://doi.org/10.15700/saje.v40n2a1669
Rismawati, N., Dea, S. M., Nurhayati, & Setiawan, W. (2019). Analisis kepercayaan diri siswa SMPN 4 Ngamprah melalui pendekaan kontruktivisme berbantuan aplikasi geogebra pada materi segi empat segitiga. Journal On Education, 1(3), 343–348.
Tanzimah. (2019). Pemanfaatan geoGebra dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 610–616.
Wassie, Y. A., & Zergaw, G. A. (2018). GeoGebra integration and effectiveness in the teaching and learning of mathematics in secondary schools: A review of literature. North American GeoGebra Journal Volume, 7(1), 68–86. https://doi.org/10.4314/ajesms.v16i1.1
Wijayanti, N. P. A., & Suryawan, I. P. P. (2019). Efektivitas model pembelajaran missouri mathematics project berbasis geoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 13(2), 27–38.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.    Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini
    Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama (lihat The Pengaruh Open Access).