APLIKASI MAP; EFEKTIVITAS MATLAB ALGORITM PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOGIC PHYSICS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1018Keywords:
Matlab Algoritm, Logic PhysicsAbstract
Penelitian bertujuan untuk menguji efektivitas aplikasi Matlab Algoritm program (MAP) untuk meningkatkan keterampilan Logic Physics mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre ExperimentalDesign dengan model One-Group Pretest-Posttes Design. Teknik analisis data menggunakan pre test dan post test menggunakan rumus Uji N gain. Bahan ajar ini sebelumnya divalidasi oleh ahli, berdasarkan validasi ahli produk yang bahan ajar sudah layak digunakan. Uji coba produk dilakukan di Mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun Akademik 2018/2019 dengan nilai gain 0,31 berada pada kategori sedang.
References
Away, Gunadi Abdia. 2006. Matlab Progamming. Informatika. Bandung.
Arief dkk. 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran.Cetakan ke-20. Jakarta: Rajagrafindo Persada D. V. K. S. Roshni Tiwari, Sonal Sharma, “Emergence of Whitespace Technology for the Creation of Super Wi-Fi Networkâ€, IJSRM, III (10), pp. 3592-3595, 2015.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Emzir. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hake, R.R. 1998. Interactive-engagement versustraditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics 66, 64 (1998). 10.1119/1.18809
Sabaryati, Johri., Isnaini, M, (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mekanika Berbasis Komputerisasi Untuk Membentuk Karakter Ilmiah Mahasiswa. ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(2), 52-55.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: cv Pustaka Setia
Paranginangin, Kasiman. 2006. Pengenalan Matlab. Andi: Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono.2016. Quantitative, Qualitative Research and R & D Methods, Alfabeta, Bandung
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: penerbit Alfabeta
S. Thiagarajan, D. S. Semmel dan M. I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. National Center for Improvement of Educational Systems DHEW/OE. Washington, D.C,
Sulistiyani, S, 2012. Touchscreen Delphi XE, Wahana Komputer, Semarang.V. Ritu Sindhu, “Application and Research of Multimedia Technology in Modern Teachingâ€, IJSRM, III (4), 2015.
Purwanto. 2016. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Uno B. Hamzah. 2016. Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: penerbit Bumi Aksara.
Zulmi, Nurul., Darmayanti, N.W.S., Zulkarnain., (2019). Pengembangan Rumfis (Rumus Fisika) Berbasis Program Matlab Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Labuapi Kelas VII Tahun Ajaran 2017/2018, ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(1), 8-20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.