KESADARAN KEBENCANAAN PADA PERILAKU KESIAPSIAGAAN SISWA

Authors

  • Syahrial Ayub Universitas Mataram
  • Kosim Kosim Universitas Mataram
  • I Wayan Gunada Universitas Mataram
  • Endang P Handayani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3026

Keywords:

knowledge of disaster, preparedness, behavior

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan perilaku kesiapsiagaan siswa SD Negeri 6 Mataram dari kesadaran kebencanaan yang sudah didapatkan. Kesiapsiagaan suatu hal penting dalam mengurangi resiko bencana. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Mataram yang telah diberikan kesadaran kebencanaan seperti defenisi, tanda-tanda, dampak, resiko dan upaya mengurangi, kesiapsiagaan dan prosedur serta alat pertolongan pertama pada korban. Tujuan penelitian dicapai dengan mengungkapkan tingkat kesadaran kebencanaan dan perilaku kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana pada siswa kelas V SD Negeri 6 Mataram. Jenis penelitian adalah penelitian deskriprtif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesadaran kebencanaan siswa berada pada kategori sedang. Perilaku kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana pada kategori tinggi. Data ini memberikan indikasi bahwa kesadaran kebencanaan mempengaruhi perilaku kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana.

 

Kata kunci: kesadaran kebencanaan; kesiapsiagaan; perilaku .

 

ABSTRACT

This study aims to reveal the preparedness behavior of SD Negeri 6 Mataram students from the knowledge of disasters that have been obtained. Preparedness is an important thing in reducing disaster risk. The research sample was the fifth grade students of SD Negeri 6 Mataram who had been given knowledge of disasters such as definitions, signs, impacts, risks and efforts  to reduce, preparedness and procedures and tools for first aid to victims. The research objective was achieved by revealing the level of knowledge of disasters and disaster preparedness behavior in grade V SD Negeri 6 Mataram. This type of research is quantitative descriptive research. The results showed that the students' level of disaster knowledge was in the medium category. The students' preparedness behavior in facing disasters is in the high category. This data provides an indication that knowledge of disasters affects student preparedness behavior for disasters.


Keywords: knowledge of disaster; preparedness; behavior

References

Ayub, S., Kosim, K., Gunada, I. W., & Zuhdi, M. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPABUMI DI SEKOLAH DASAR. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i2.1187

Ayub, S., Verawati, N., Ardhuha, J., & Zuhdi, M. (2020). Pengembangan Alat Peraga Kotak Mitigasi Bencana sebagai Penunjang Pembelajaran Kebencanaan di Sekolah Dasar. Kappa Journal. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.1998

Diposaptono, S. (2005). Tsunami Mitigation Technology. Republic of Indonesia Maritime and Fisheries Agency Tsunami Mitigation Training Material.

Djafar, M. I., Mantu, F. N., & Patellongi, I. J. (2011). Pengaruh Penyuluhan Tentang Kesiapsiagaan Bencana Banjir Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Kepala Keluarga Di Desa Romang Tangaya Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar. Revista Chilena de Pediatria.

Djamarah, D. (2005). Teachers and Students in Educative Interaction, A Psychological Theoretical Approach. Rineka Cipta.

Gregg, C. E., Houghton, B. F., Johnston, D. M., Paton, D., &

Swanson, D. A. (2004). The perception of volcanic risk in Kona communities from Mauna Loa and HualÄlai volcanoes, Hawai’i. Journal of Volcanology and Geothermal Research. https://doi.org/10.1016/S0377-0273(03)00288-9

Kosim, K. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar. Universitas Mataram Press.

Kurniawati, D., & Suwito, S. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN KEBENCANAAN TERHADAP SIKAP KESIAPSIAGAAN DALAM MENGHADAPI BENCANA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi). https://doi.org/10.21067/jpig.v2i2.3507

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519

MPBI _ UNESCO. (2013). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam mengantisipasi bencana gempa Bumi dan tsunami di Nias Selatan. Journal of Chemical Information and Modeling.

Riduwan. R. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2013). Qualitative Quantitative Research Methods and R & D. Alfabeta.

Suprapto, S. (2002). Flood Disaster, Material for Disaster Power Training. PSBA UGM.

Syahrial, A., Kosim, Kosim., Gunada, G. (2019). Tsunami. Arga Puji.

Syahrial, A. (2019). Analisis Kesiapsiagaan Bencana pada Siswa dan Guru di SD Negeri 6 Mataram. Jurnal Orbita Ummat, 6(1).

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Andi Offset.

Downloads

Published

2020-11-09

Issue

Section

Articles