PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Nuniati Nuniati IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Erwin Prasetyo IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Adi Jufriansah IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5696

Keywords:

HOTS, student worksheet, learning motivation, R&D

Abstract

ABSTRAK

Pelaksanaan Kurikulum 2013 berorientasi pada pengembangan abad ke-21 yang dihadapkan bermacam tantangan. Sebagian perihal yang menimbulkan kasus dalam pelaksanaan kurikulum tersebut, ialah kompetensi guru dibawah rerata pemerintah, tidak meratanya fasilitas pembelajaran online, jam pembelajaran dikurangi dengan menggunakan sistem shift. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi pada masalah yang ketiga, yaitu dengan mengembangkan LKPD terintegrasi HOTS guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tipe riset ialah pengembangan (R&D) yang mengacu pada model 4-D models yaitu: Define, Design, Development and Dessiminat. Kelayakan media LKPD terintegrasi HOTS dapat diperoleh dari hasil skor rata-rata validasi, uji coba media LKPD meliputi uji kepraktisan serta uji keefektifan. Kenaikan motivasi belajar peserta didik diperoleh dari nilai Standard Gain motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudah dihasilkan LKPD terintegrasi HOTS yang layak dipakai guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan nilai Standard Gain sebesar 0,48 dengan kategori sedang.

 

Kata kunci: HOTS; LKPD; motivasi belajar; R&D

 

ABSTRACT

The implementation of the 2013 Curriculum is oriented towards the development of the 21st century which is faced with various challenges. Some of the things that cause cases in the implementation of the curriculum, are the competence of teachers under the government average, uneven online learning facilities, reduced learning hours by using the shift system. This research was conducted to provide solutions to the third problem, namely by developing a HOTS integrated Student Worksheet to increase learners' learning motivation. The type of research is development (R&D) which refers to 4-D models, namely: Define, Design, Development and Dessiminat. Media eligibility of HOTS integrated Student Worksheets can be obtained from the results of validation average scores, student Worksheet media trials include practicality tests as well as effectiveness tests. The increase in learners' learning motivation is obtained from the value of Standard Gain of learn motivation learners. The results showed that hots integrated student worksheets that are worth using to increase the learning motivation of learners with a Standard Gain score of 0.48 with a moderate category.

 

Keywords: HOTS; student worksheet; learning motivation; R&D

References

Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 1-10.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dhema, M., & Jufriansah, A. (2021). Aktivitas dan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Di SMK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 39-44.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Faiza, A. S., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS Administrasi Pajak Kelas XII Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 15-27.

Irmawati, M., Rukli, R., & Baharullah, B. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning Berbasis GRANDER di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 127-139.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438.

Nazliati, N. (2019). Penggunaan Software Anates Dalam Pembelajaran Evaluasi Pendidikan Pada Mahasiswa Non Matematika Ftik Iain Langsa. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 139-151.

Putri, S. D., & Djamas, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 125.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi.

Setiabudi, A., Susanta, A., & Maulidiya, D. (2019). Efektifitas Lkpd Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 228-241.

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran problem based learning dalam implementasi kurikulum 2013 Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260-271.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Valencia, U. D., Maizora, S., & Susanta, A. (2019). Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Guided Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Smp Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 51-57.

Wahyuningsih, Jufriansah, A., Anomeisa, AB.,Rahmanisa, K. (2021). Strategy on TheEffectiveness of Learning Outcomes of Manufacturing Calculus Using Edlink in The Covid-19 Pandemic. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, 10(1), 39 - 48.

Downloads

Published

2021-11-05

Issue

Section

Articles