PENGARUH MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • M. Isnaini
  • Linda Sekar Utami
  • Kristina Mudali Marga

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.573

Keywords:

Media Kokami (Kotak dan Kartu Msterius), Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah mengetahui pengaruh media Kokami (Kotak dan Kartu Misterius) terhadap keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 19 Mataram Kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen, dengan desain
one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dan kelas VIIID ditentukan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan berupa tes soal dan angket yang telah diuji kelayakannya.
Dalam pengukuran motivasi digunakan teknik analisis data berupa kualitatif, diperoleh peningkatan untuk perhatian, relevansi, percaya diri dan kepuasan dengan menggunakan N-Gain masing – masing sebesar 0,83, 0,68, 0,86 dan 0,82 dengan kategori tinggi kecuali relevansi kategori sedang . Data yang terkumpul sebelumnya di uji normalitasnya. Pada uji normalitas pre test diperoleh x2 hitung 1,096 dengan x 2 tabel  11,07 sedangkan data post test di peroleh x2 hitung 10,14 dengan x2 tabel 11,07 (x hitung x tabel 2  2 ) maka data dinyatakan terdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai  14,6 hitung t dan  2,03 tabel t ( thitung > ttabel ) menunjukan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima menyatakan ada perbedaan
keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diajarkan menggunakan media kokami (kotak dan kartu misterius). Berdasarkan beberapa analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan kokami (kotak dan kartu misterius) dapat
meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis IPA fisika siswa SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Arikunto Suharsimi . 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: penerbit PT Bumi Aksara

Aqip zainal. 2016. Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: penerbit Yrama Widya

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran.Cetakan ke-20. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Astutik Puji. 2015. Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model problem based instruction berbantuan media kokami pada siswa kelas IV SDN Beberang Kendal

Azwar saifuddin. 2015. Tes prestasi. Yogyakarta: penerbit Pustaka Pelajar

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Emzir. 2014.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Giancoli. 2001. Fisika. Jakarta : PT Gelora Aksara Praktama.

Hake, R.R. (1998). Interactive-engagement versustraditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics 66, 64 (1998). 10.1119/1.18809

Hamalik, Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajari. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Komsiyah indah. 2012. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: penerbit Teres

Kowiyah. 2012. Kemampuan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dasar vol.3, No. 5

Kustandi, Cecep dan Sutjipto Bambang. 2016.Media Pembelajaran.Edesi ke-2. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Kuswana Wowo Sunaryo. 2013. Taksonomi berpikir. Bandung : PT Remaja Rossakarya

Marha, M., Islahudin, I., & Utami, L.S, (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Gelombang Dan Bunyi Berbantuan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI, Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 1(1), 182-188

Maslikan. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Dan KartuMisterius (Kokami) UntukMeningkatkanAktivitas Dan Ketuntasan Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Bola Volly Di Kelas XII Mipa 1 SMANegeri 2 Pekanbaru. Pendidikan ekonomiakuntansi FKIP UAR. 5(2). 2598- 3253

Paisah, Neneng. (2013). Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (Kokami) untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. RADIASI-Pendidikan Fisika, 3(1), 28-32

Purwanto. 2016.Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: penerbit Alfabeta

Rusiana, Yuli. (2014) Penggunaan Media Kokami Pada Materi Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, guru IPA 3(4), 183-192

Rusman. 2017.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: penerbit Kencana.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : penerbit Rajagrafindo Peresade.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: penerbit Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: penerbit Alfabeta

Uno B. Hamzah. 2016. Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: penerbit Bumi Aksara

Wiyono, dkk. 2017. Pengembangan media pembelajaran kotak dan kartu misterius (kokami) pada kompetensi dasar menejelaskan cara membuat surat niaga siswa kelas X APK 1 di SMKN 1 B angkalan.

Downloads

Published

2018-12-05

Issue

Section

Articles