IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH DAN PERGURUAN TINGGI: META ANALISIS

Authors

  • Johri Sabaryati Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Marzuki Marzuki Universitas Negeri Yogyakarta
  • Edi Istiyono Universitas Negeri Yogyakarta
  • Heri Retnawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Harman Suhadi SMPN 3 Narmada

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8823

Keywords:

project-based learning, science learning outcomes, meta-analysis.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA. Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa dan memberi kesempatan otonom kepada siswa untuk mengkonstruk sendiri belajarnya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif,  penelitian dengan pendekatan meta analisis yaitu menghitung rerata dengan Efek size. Pertama, merumuskan masalah penelitian, kemudian dilanjutkan ke mengeksplorasi penelitian yang relevan, Sampel penelitian sebanyak 35 publikasi. Teknik analisis data menggunakan analisis bias publikasi dengan trim dan mengisi metode dengan prosedur analisis perhitungan ukuran efek, uji heterogenitas, analisis forest plot dan analisis publikasi yang bias. Hasil penelitian dengan korelasi rank sebesar 0.012 dengan p-value (0,933) > (0,05), sedangkan metode regresi adalah 0,134 dengan p-value (0,893) > (0,05), artinya tidak ada bias publikasi yang ditemukan.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek; hasil belajar IPA; meta analisis.

 

ABSTRACT

This study aims to describe the effect of project-based learning on science learning outcomes. Project-based learning is innovative student-centered learning and provides students with autonomous opportunities to shape their own learning. This research includes quantitative research, and research using a meta-analysis approach, namely calculating the mean with effect size. First, formulate a research problem, and then move on to examining relevant research. The research sample includes 35 publications. The data analysis technique used publication bias analysis using the trim-and-fill method with effect size calculation analysis procedures, heterogeneity test, forest plot analysis, and publication bias analysis. The results of the study with a rank correlation of 0.012 with a p-value (0.933) > (0.05) while the regression method was 0.134 with a p-value (0.893) > (0.05) means no publication bias found became

Keywords: project-based learning; science learning outcomes; meta-analysis.

Author Biographies

Johri Sabaryati, Universitas Muhammadiyah Mataram

------------------------

Scopus ID: -

Sinta ID: 6039125

Google Scholar

------------------------

Field of Research Interest:

Physics Education, Instrumentation, Computational Physic

Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta


References

Anggreni, Y. D., Festiyed, & Asrizal. (2019). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA Program Studi Magister Pendidikan Fisika , FMIPA Universitas Negeri Padang Dosen Program Studi Magister Pendidikan Fisika , FMIPA Univers. Pillar of Physics Education, 12(4), 881–888.

Azizah, N., Kendek, Y., & Kunci, K. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(1), 1–5.

Cleophas, T. J., & Zwinderman, A. H. (2017). Meta-analysis in a Nutshell. In Modern Meta-Analysis. https://doi.org/10.1007/978-3-319-55895-0_1

Çoğaltay, N., & Karadağ, E. (2015). Introduction to meta-analysis. In Leadership and Organizational Outcomes: Meta-Analysis of Empirical Studies. https://doi.org/10.1007/978-3-319-14908-0_2

Condliffe, B., Quint, J., Visher, M. G., Bangser, M. R., Drohojowska, S., Saco, L., & Nelson, E. (2017). Project-Based Learning: A Literature Review. Mdrc, October, 1–84.

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Fisika, J., Pendidikan, D. A. N., Prodi, M., Fisika, T., & Mataram, U. I. N. (2018). Pengaruh Project Based Learning Pada Matakuliah. 3.

Hariyani, Sudarto, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua. Jurnal IPA Terpadu, 1(2), 40–49.

Heo, H., Lim, K. Y., & Kim, Y. (2010). Exploratory study on the patterns of online interaction and knowledge co-construction in project-based learning. Computers and Education, 55(3), 1383–1392. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.06.012

Hulu, I. L., & Sinaga, D. P. (2020). Peningkatan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Berbasis Proyek di Kelas X SMA Yayasan Perguruan Keluarga Kota Pematangsiantar. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 191–197. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3240

Insukindro. (2014). Analisis META: Pengantar. In Materi Workshop PRES BI, Jakarta 2-3 September 2014 (Issue August 2019).

Latip, A., Rahmaniar, A., Purnamasari, S., & Abdurrahman, D. (2022). Pengembangan Pembelajaran dengan Proyek Kolaborasi Berbasis Pendidikan STEM di MTs Al Musaddadiyah Kab . 01, 32–39.

Mark W. Lipsey, D. W. (2001). Practical Meta Analysis Overview. Applied Social Research Methods Series.

Pertiwi, I. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Makassar. Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1–161.

Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Meta Analisis.pdf. Pengantar Analisis Meta, 208.

Sánchez-Meca, J., & Marín-Martínez, F. (2010). El meta-análisis en la investigación psicológica. International Journal of Psychological Research, 3(1), 150–162.

Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20. https://doi.org/10.30738/natural.v6i1.4073

Schwarzer, G., Carpenter, J. R., & Rücker, G. (2015). Small-Study Effects in Meta-Analysis. https://doi.org/10.1007/978-3-319-21416-0_5

Suriani, N. K., Santyasa, I. W., & Parwati, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek. In Jurnal Pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia (Vol. 4, Issue 1).

Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222

Downloads

Published

2022-06-14

Issue

Section

Articles