PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KALSEG FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMN KONSEP SISWA KELAS X MATERI USAHA

Authors

  • Linda Triyani
  • Islahudin Islahudin
  • Ni Wayan Sri Darmayanti

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.897

Keywords:

Pengembangan media KalSeg, pemahaman konsep.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran KalSeg untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X materi Usaha. Penelitian ini menggunakan metode researah and
development (R & D). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM SMK Muhammadiyah Mataram. Model pengembangan yang digunakan adalah Dick & Carey yang terdiri dari 10 langkah yang
harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa KalSeg yaitu : (1) Analisis kebutuhan dan tujuan, (2) Analisis pembelajaran, (3) Analisis pembelajaran (siswa) dan konteks, (4) Merumuskan tujuan performansi,
(5) Mengembangkan instrument, (6) Mengembangkan strategi pembelajaran, (7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) Merancang dan melakukan evaluasi vormatif, (9) Melakukan revisi dan,
(10) Evaluasi sumatif. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, angket dan instrument soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur pemahaman konsep belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran KalSeg yang dikembangkan oleh peneliti memiliki kriteria yang sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi. Media pembelajaran KalSeg memiliki pengaruh untuk peningkatan pemahaman konsep belajar yaitu sebelum meggunakan media diperoleh 33,21 dan setelah menggunkan media 69,90, secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan gain sebesar 0,54. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa memiliki peningkatan 67 % di atas nilai KKM. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KlaSeg dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa kelas X TSM SMK Muhammadiyah Mataram, Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajara. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi.2006. Dasar-dasar penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Azhari, Susuknan. 2012. Kalender islam kearah integrasimuhammadiyah-NU. Yogyakarta: Museum Astronomi Islam

Azwar, Saifuddin. 2015. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Penggukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Surabaya: Percetakan Insane Cendekiya.

Baharuddin. H, dkk. 2015. Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Basyirudin, dkk. 2002. Media pembelajaran. Yogyakarta : USAID

Darsono, Ruswan. 2010. Penggalang isalam, tinjauan system, fiqh dan hisap penanggalan. Yogyakarta: Labda Press

Djamarah, syaiful bahri. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, syaiful bahri, dkk. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta. Rineka Cipt.

Emzir. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hake. R. R.(1889). Interactive-engegement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanic test data for introductory physics courses. American Journal of Physics 66,64(1998).10.1119/1.18809.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Handayani, Dede Fitroh. 2010. Skripsi meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan keterampilan proses pada konsep laju reaksi. Diakses pada tanggal 2 mei 2017

Halliday, David, dkk. Dasar-Dasar Fisika Versi Diperluas, Jilid 1. Tangerang: BINARUPA AKSARA Publiser.

Ilmi, Nazwatul, dkk. 2016. Pengembangan instrument keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika SMA: Vol.V ISSN: 2339-0654. Diakses pada tanggal 2 mei 2017

Jati, Bambang Murdaka Eka, dkk. 2013. Fisika dasar untuk mahasiswa ilmu-ilmu eksata, teknik dan kedokteran.Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET

Koyan, Wayan. 2011. Assessment dalam pendidikan. Universitas Pendidikan. Ganesa Press.

Muhaimin, A, dkk. 2015. Pengembangan media kapasitor dan pengaruhnya terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa. Jurnal pendidikan fisika indonesia: ISSN:1693-1246. Diakses pada tanggal 3 mei 2017

Mulyati, arifin. 1995.Pengembangan program pengajaran bidang studi komia. Bandung.

Parlin, dkk. 2015. Pengembangan media pembelajaran berbasis kircoft untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi medan magnet. Universitas Trisakti, Vol.V ISSN: 3228-0465. Diakses pada tanggal 10 Desember 2016

Punaji, Setyosari. 2015. Metodelogi pengembangan. Jakarta : Delia Citra Utama

Rofiah, dkk. 2015. Pengembangan buku pengayaan pengetahuan berbasis kontekstual pada ateri optik : Universitas Negeri Jakarta, Vol.IV ISSN: 2339-0654. Diakses pada tanggal 13 Desember 2016

Ropita, dewi. 2016. Penegembangn bulletin fisika berbentuk buku saku untuk meningkatkan pemahaman konsep belajae siswa kelas X SMA Nurul Jannah : Universitas Muhammadiyah Mataram.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Supardi . 2006. Metode penelitian. Jakarta Timur : Bumi Gora

Salmina, Mik & Adyansyah, Fadlillah. 2017. Analisis Kualitasnsoal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. ISSN 2355-0074. Vol 4. No. 1

Sambudi, A & Morik. 2009. Pengguanaan alat peraga papan optic untuk meningkatkan hasil belajar pemantulan cahaya pada siswa VII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN 1693-1264.

Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Usman, M. Basyiruddin, dkk. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama(http://walisongo.ac.id/3751/3/102111087_Bab2.pdf)

Downloads

Published

2019-08-07

Issue

Section

Articles