Analisis Penyebab Perilaku Anti Sosial pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.15580Keywords:
Early childhood, Anti-social, Character Education.Abstract
Abstrak: Anak usia dini adalah pondasi awal penentu perkembangan dimasa dewasa, termasuk membentuk karakter anak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui yang melatarbelakangi perilaku anti sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi pustaka dari berbagai artikel dengan kata kunci “anti sosial anak†terbitan 10 tahun terakhir agar memperoleh kebaharuan data. Hasil dari penelitian ini adalah Faktor-faktor internal seperti emosi, intelegensi, kesehatan, jenis kelamin, dan kedudukan dalam keluarga dapat mempengaruhi terjadinya perilaku antisosial pada anak. Sementara itu, faktor eksternal seperti pengaruh media sosial, pola asuh, lingkungan sekolah, dan pergaulan dengan teman sebaya juga berperan dalam membentuk perilaku antisosial.
Abstract: Early childhood is the initial foundation for determining development in adulthood, including forming children's character. Therefore this study aims to determine the background of anti-social behavior. The research method used is descriptive qualitative with literature study from various articles with the keyword "anti-social children" published in the last 10 years in order to obtain updated data. The results of this study are internal factors such as emotions, intelligence, health, gender, and position in the family can influence the occurrence of antisocial behavior in children. Meanwhile, external factors such as the influence of social media, parenting style, school environment, and association with peers also play a role in shaping antisocial behavior..
References
Afidah, N., Rahmatullah, A. S., & Madjid, M. N. (2022). Efektivitas Metode Islamic Montessori dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3739–3758. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2375
Ajarita, S., Hayati, F., & Fitriani. (2021). Analisis perilaku anti sosial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Washliyah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–13.
Aprily, N. M., Rizqi, A. M., & Purwati, P. (2021). Cageur Bageur Bener Pinter Singer: Filosofi Pengasuhan Sunda Dalam Pendidikan Karakter Di Raudhatul Athfal (Ra). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 11–24. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.2
Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104.
Bahri, A. S., Hasan, B. B. M., Arifudin, O., Darmawan, I. P. A., Fitriana, F., Arfah, A., Rambe, P., Saputro, A. N. C., Puspitasari, I., Lestariningrum, Anik Larasati, R. A., Panma, Y., Clara, H., & Irwanto, I. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. CV widina media utama.
Endang Sri Wahyuni, & Nawasari Indah Putri. (2022). Sosialisasi Pencegahan Stunting Di Desa Banjar Negara Kecamatan Baradatu. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.162
Faiz, A. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 82. https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.24205
Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and Development, 10(2), 315–318.
Gustia, E. (2017). Tampilan Perilaku Anti Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–9. https://doi.org/10.29210/3003211000
Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi Dan Menolong Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33–42. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703
Khulusinniyah, & Farhatin Masruroh. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i1.526
Mawaddati. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Lintang Alih Di Pondok Pesantren Anak Ibrohimiyyah. Wawasan Pendidiikan, 2(2), 556–565. http://journal.upgris.ac.id/index.php/wp
Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127–131. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533
Nafi’ah, Z., Kusumastuti, N., & Dwi Sukmono, N. (2022). Perilaku Antisosial Anak dimasa Pembelajaran New Normal Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 232–238. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1840
Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729–3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733
Ramandhini, rifdah fauziah, Rahman, T., & Purwati, P. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Khazanah Pendidikan:Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 34–51. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15951
Rambe, J. N. A., & Nasriah, N. (2021). Perilaku Anti Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dan Cara Guru Menangani di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Perdagangan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 142–151. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.7506
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Setiyaningsih, L. A., Fahmi, M. H., & Molyo, P. D. (2021). Selective Exposure Media Sosial Pada Ibu dan Perilaku Anti Sosial Anak. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i1.65
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Utami, N., & Mayar, F. (2021). Kajian Literatur Perilaku Agresi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10498–10501.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in International Journal on Student Research in Education, Science, and Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).