Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PKn Kelas VII SMPN 5 Donggo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Muhammad Yunan Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Reny Andriani Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1114

Keywords:

pendekatan, kontruktivisme, hasil, belajar, PKn

Abstract

Salah satu permasalahan dalam bidang pendidikan, khususnya mata pelajaran PKn adalah sulitnya pemahaman peserta didik dalam menerima materi yang disampaikan guru pada proses pembelajaran. Persoalan ini dialami peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PKn kelas VII SMPN 5 Donggo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperiment. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Donggo Kabupaten Bima yang berjumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan uji t pre test prestasi belajar diperoleh thitung = 5,471. Sedangkan uji t post test prestasi belajar siswa diperoleh thitung = 10,870. Hasil uji t di atas kemudian dikonsultasikan pada ttabel. dengan taraf kepercayaan 95% dan db = 42 diperoleh ttabel = 2,175, karena thitung ≥ ttabel, maka Hipotesis Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PKn kelas VII SMPN 5 Donggo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2017/2018. Artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen adalah sebesar 77,3%, sedangkan sisanya sebesar 22,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

 

One of the problems in the field of education, especially PKn subjects is the difficulty of understanding students in receiving the material delivered by the teacher in the learning process. This problem is experienced by students in the subjects of Pancasila and Citizenship Education. The formulation of the problem in this study is how is the influence of the constructivism approach on student learning outcomes in the class VII Civics subject of SMP 5 Donggo Kabupaten Bima 2017/2018 Academic Year. This type of research is quasi experiment. The population in this study were all students of class VII of SMPN 5 Donggo Bima Regency, amounting to 44 students. Methods of collecting data using observation, tests, interviews and documentation. Data analysis method uses the t-test formula. Based on the t test of the pre-test of learning achievement, it is obtained thitung = 5.471. While the t-test post test student learning achievement obtained t = 10,870. The results of the t test above are then consulted on table. with a confidence level of 95% and db = 42 obtained t table = 2.175, because tcount ≥ ttable, then the Ha Hypothesis is accepted, thus there is the influence of constructivism approach to student learning outcomes in class VII Civics in class 5 of SMPN 5 Donggo District of Bima Academic Year 2017 / 2018. The meaning is that the contribution of the influence of independent variables on the dependent variable is 77.3%, while the remaining 22.7% is influenced by other variables not included in this study.

Author Biographies

Muhammad Yunan, Universitas Muhammadiyah Mataram

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram

Reny Andriani, Universitas Muhammadiyah Mataram

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram

References

D. Dwiyanto and G. Saksono, “Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Negara pancasila: Agama atau Sekuler, Sosialis atau Kapitalis,†Yogyakarta: Ampera Utama, 2012.

R. Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,†Jakarta Pemerintah Republik Indones., 2003.

D. Priyatno, “The Alternative Model of Corporate Criminal Sanction Management in Indonesia,†J. Leg. Ethical Regul. Issues, 2017.

A. Mardalis, “Implementasi 12 Pilar Pemasaran untuk Promosi Pendidikan Tinggi,†2014.

M. B. A. Riduwan, “Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian,†Alf. Bandung, 2007.

A. S. Fibrianto and S. Bakhri, “Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 3 Surakarta,†J. Moral Kemasyarakatan, vol. 2, no. 2, pp. 75–93, 2017.

Sugiyono, “Metode penelitian kombinasi (mixed methods),†Bandung Alf., 2015.

S. Margono, “Metodologi Penelitian Pendidikan.†Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

L. J. Moleong, Metodologi penelitian. 1999.

W. Nurkancana and P. P. N. Sunartana, “Evaluasi Hasil Belajar,†Surabaya Usaha Nas., 1990.

M. Nazir, “Metode Penelitian,†Jakarta Ghalia Indones., 1988.

Downloads

Published

2019-12-04

Issue

Section

Articles