Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1139Keywords:
Pemahaman, Implementasi, Ideologi Pancasila, dan Kalangan Generasi MudaAbstract
Generasi muda di era globalisasi saat ini dimana tingkat pemahaman terhadap ideologi Pancasila masih kurang. Berdasarkan hasil pengamatan tanggal 25 Juli 2017 yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa kasus atau permasalahan generasi muda di Desa Sumi. Hal ini mengakibatkan timbulnya perilaku menyimpang terhadap nilai Pancasila dan norma di dalam masyarakat Desa Sumi. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahuai pemahaman generasi muda tentang ideologi Pancasila; 2) Untuk mengetahui pengimplementasian ideologi Pancasila dikalangan generasi muda di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima dengan penentuan informan menggunakan purpossive sampling. Sumber dari data sekunder dan primer. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pemahaman generasi muda tentang ideologi Pancasila. Pengimplementasian ideoiogi pancasila di kalangan generasi muda di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima masih kurang. Hal ini terlihat dari belum terealisasikan dengan baik rencana dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat serta masih banyaknya generasi muda yang tidak peduli tentang pengertian dan cara pengimplementasian ideoiogi Pancasila di kalangan generasi muda; 2) Pengimplementasi Ideoiogi Pancasila masih kurang. Hal ini terilihat dari beberapa bidang kehidupan: a) Bidang sosial psikologis generasi muda memiliki beberapa permasalahan yaitu mabuk-mabukan, bolos sekolah, trak-trakan di jalan raya; b) Bidang sosial budaya memiliki beberapa permasalahan yaitu generasi muda berpakaian yang tidak pantas dengan umur, mengacuhkan tradisi adat Desa Sumi; c) Bidang sosial ekonomi memiliki beberapa permasalahan yaitu generasi muda Desa Sumi susah mendapat pekerjaan, banyaknya pemuda Desa Sumi yang lulusan sarjana tidak memiliki pekerjaan dan akhirnya mengangur; d) Bidang sosial politik memiliki permasalahan seperti dalam pemilihan umum banyak generasi muda dijadikan sasaran many politic dan dijadikan alat untuk memenangkan pemilihan umum oleh pihak yang besangkutan.
References
S. M. Samino, “Layanan Bimbingan Belajar,†Surakarta: Fairuz Media, 2011.
A. Budiamin, “Perkembangan Peserta Didik.†Bandung: UPI Press, 2006.
A. I. Afryand and S. Sapriya, “Internalisasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pusat Studi Pancasila Sebagai Upaya Penguatan Ideologi Bangsa Bagi Generasi Muda,†Untirta Civ. Educ. J., vol. 3, no. 2, 2018.
S. Rejeki and B. I. Willem, “Upaya Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA Negeri 2 Donggo,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, pp. 48–57, 2019.
A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian, Jakarta: PT,†Rineka Cipta, p. 201:274, 2013.
S. Arikunto and S. Suhardjono, “Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT,†Buni Aksara, 2006.
Sugiyono, “Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D,†Alf. Bandung, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.
L. J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif,†Bandung: Rosda, 2016.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2006.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.
H. Nawawi, “Metodik Penelitian Bidang Sosial.†Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press, 2003.
S. Arikunto, “Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Jilid 2,†PT Rhineka Cipta Jakarta, 2004.
B. A. S. Afifuddin and B. A. Saebani, “Metodologi penelitian kualitatif,†Bandung CV Pustaka Setia, p. 131, 2009.
T. Ryanto, “Ca-bau-kan’to Hit Theater Next Year,†Jakarta Post, 2001.
A. Suharsimi, “Prosedur Suatu Pendekatan Praktek,†Jakarta PT. Rineka Cipta, 2006.
R. Hidayat, “Ideologi Pancasila dalam Implementasi Pemerintahan Indonesia,†Skripsi tidak diterbitkan, Jur. Polit. Pemerintah. Fak. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit. Univ. Hasanudin, 2014.
P. K. Wulandari, D. Saraswati, and S. D. E. Putra, Membangun Indonesia: pemberdayaan pemuda berwawasan Pancasila. Universitas Brawijaya Press, 2017.
A. Suaila and J. Krisnan, “Menggali Kembali Peran Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Dasar Negara dalam Pembangunan Hukum Nasional di Era Global,†Law Justice, vol. 4, no. 1, pp. 46–55, 2019.
T. Abbas and I. S. Wekke, “Menyoal Ketahanan Nasional dalam Kehidupan Bernegara Ketika Nilai Pancasila Terabaikan,†2019.
H. Ismaya, “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Prespektif Pembangunan Hukum Nasional.â€
S. Notoatmodjo, “Ilmu perilaku kesehatan,†Jakarta: Rineka Cipta, vol. 200, pp. 26–35, 2010.
S. Syarbaini, Rusdiyanta, Fatkhuri, Yusran, and Risnanto, Pendidikan kewarganegaraan: implementasi karakter bangsa. Hartomo Media Pustaka, 2012.
Kaelan, Pendidikan Pancasila. Paradigma, 2002.