Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Penddikan PKn
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.15021Keywords:
Discovery Learning, Meningkatkan, Hasil Belajar, Kognitif, PKnAbstract
Rendahnya hasil belajar kognitif siswa disebabkan oleh Kesulitan dalam memahami pembelajaran PPKn di Kelas. Dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa mata pelajaran PPKn kelas X IPS 4 di bawah KKM dan Nilai rata-rata siswa kelas X IPS 4 yaitu 50,4 yang merupakan nilai yang jauh dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 3 Mataram melalui penerapan pembelajaran Discocery Learning. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan atau mencapai KKM di atas rata- rata 97.2.
Â
The low cognitive learning outcomes of students in Civic Education (PPKn) are caused by difficulties comprehending the classroom material. The results can be seen from the Civic Education (PPKn) daily tests for class X IPS 4 students under the Minimum Criteria of Mastery Learning (KKM) as well as the average value of class X IPS 4 students is 50.4 means a distant value from the Minimum Criteria of Mastery Learning (KKM) 75 that has been set. This study aims to improve the student's learning outcomes of Civic Education (PPKn) in class X IPS 4 SMA Negeri 3 Mataram, through the application of Discovery Learning learning. The research form is classroom action research conducted for two cycles. The results showed that the student's cognitive learning outcomes had increased or achieved the Minimum Criteria of Mastery Learning (KKM) above the average value of 97.2
References
H. Wibowo, Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media, 2020.
H. Hasnidar and E. Elihami, “Pengaruh pembelajaran contextual teaching learning terhadap hasil belajar PKN murid Sekolah Dasar,†Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 42–47, 2020.
W. B. Sulfemi, “Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan,†J. Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 1, 2019.
A. Nugrahaeni, I. W. Redhana, and I. M. A. Kartawan, “Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia,†J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 23–29, 2017.
E. S. Amyani, I. Ansori, and S. Irawati, “Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa,†Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 2, no. 1, pp. 15–20, 2018.
L. Hayati, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN dengan Model pembelajaran Discovery Learning di SMP Negeri 1 Merapi Barat,†J. Ilm. IPS dan Hum., vol. 1, no. 1, pp. 15–22, 2023.
A. Gulo, “Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem,†Educ. J. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 307–313, 2022.
F. Hidayah, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan,†in Prosiding University Research Colloquium, 2021, pp. 823–828.
A. Yuliana, S. J. Hartati, and S. Y. Hanifa, “Pengaruh Model Discovery Dan Conventional Learning Terhadap Motivasi Siswa Dan Hasil Belajar,†J. Kewarganegaraan, vol. 5, no. 2, pp. 397–404, 2021.
D. Abdjul, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia,†Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 8, no. 1, pp. 343–348, 2022.
D. Junaedi, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan,†J. Educ. Fkip Unma, vol. 6, no. 1, pp. 55–60, 2020.
N. L. Rismayani, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa,†J. Pendidik. Kewarganegaraan Undiksha, vol. 1, no. 2, 2013.
N. Y. Ana, “Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar,†J. Imiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, 2018.
J. S. Bruner, In search of pedagogy volume I: The selected works of Jerome Bruner, 1957-1978. Routledge, 2006.
W. Waspada, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Kelas XI Madrasah Aliyah (MA) Al-Nahdlah Islamic Boarding School Bojong Sari Depok Jawa Barat,†J. Tunas Aswaja, vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2022.
P. Purwini, “Penggunaan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VIII,†Paedagoria J. Kajian, Penelit. dan Pengemb. Kependidikan, vol. 10, no. 1, pp. 8–15, 2019.
A. M. Miles & Huberman and J. Saldana, “Qualitative data analysis,†Transl. by Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press, A Methods Sourcebook, 2014.
Sugiyono, “Metode penelitian kombinasi (mixed methods),†Bandung Alf., 2015.
M. G. Jayadiningrat, K. A. A. Putra, and P. S. E. A. Putra, “Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa,†J. Pendidik. Kim. Undiksha, vol. 3, no. 2, pp. 83–89, 2019.
N. Anisa, A. Anisa, and I. Irmawanty, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Fungi,†Binomial, vol. 4, no. 1, pp. 26–37, 2021.