Budaya Sekolah untuk Penguatan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.15036Keywords:
budaya sekolah, karakter disiplin, sekolah dasarAbstract
Karakter disiplin dalam diri seseorang berpengaruh terhadap perilaku seperti tanggung jawab, kesadaran akan kewajiban, hidup yang tertib dan teratur, tidak melakukan pelanggaran peraturan. Budaya sekolah berperan penting dalam penguatan karakter disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan budaya sekolah di SD Negeri Bara-Baraya I yang ditujukan untuk menguatkan karakter disiplin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri Bara-Baraya I. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Verifikasi temuan penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan budaya sekolah untuk penguatan karakter disiplin meliputi kesepakatan kelas, habituasi sikap baik, serta apresiasi dan sanksi. Budaya ini menguatkan kedisiplinan siswa yang ditandai dengan siswa mematuhi kesepakatan kelas, mengikuti upacara bendera dan sholat dhuha berjamaah, menjaga kebersihan dan kerapian kelas dan lingkungan sekolah.References
Lickona, T., “Character Education: Seven Crucial Issuesâ€, Action in Teacher Education, Vol. 20, No. 4, h. 77-84, 1999.
Samani, M., and Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2013.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Prenadamedia Group, Jakarta, 2015.
Muchtar, D., and Suryani, A., “Pendidikan Karakter menurut Kemendikbudâ€, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, h. 50-57, Oktober 2019.
Komalasari, K., and Saripudin, D., Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education, PT Refika Aditama, Bandung, 2017.
Azis, A., Pengembangan Model Pembelajaran PPKn Berbasis Budaya Siri’ Na Pacce di Sekolah Dasar untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik, Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 2022.
Kementerian Pendidikan Nasional, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Jakarta, 2010.
Baehaqi, M. L., and Murdiono, M., “Strengthening Discipline Character of Students at Muhammadiyah Boarding-School (MBS) Muhiba Yogyakartaâ€, Dinamika Ilmu, Vol. 20, No. 1, h. 63-82, 2020.
Fawaid, M. M., “Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswaâ€, Jurnal Civic Hukum, Vol. 2, No. 1, h. 9-19, Mei 2017.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Data Kasus Pengaduan Anak Tahun 2016-2020 [Online], diakses dari https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-pengaduan-anak-2016-2020, diakses tanggal 16 Juni 2022.
Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, S., and Budimansyah, D., “Internalisasi Nilai Karakter Disiplin melalui Penciptaan Iklim Kelas yang Kondusif di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakartaâ€, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 5, No. 2, h. 175-184, Juni 2014.
Apriani, A. N., and Wangid, M. N., “Pengaruh SSP Tematik-Integratif terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SDâ€, Jurnal Prima Edukasia, Vol. 3, No. 1, h. 12-25, 2015.
Kurniasih, D. N., “Peningkatan Kedisiplinan Siswa melalui Pembuatan Peraturan Kelas secara Kooperatif pada Siswa Kelas V SD Negeri Beji, Wates, Kulon Progoâ€, Basic Education, Vol. 7, No. 29, h. 2.822-2.831, 2018.
Annisa, F., “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasarâ€, Perspektif Pendidikan dan Keguruan, Vol. 10, No. 1, h. 69-74, April 2019.
Pradina, Q., Faiz, A., and Yuningsih, D., “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplinâ€, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 6, h. 4118-4125, 2021.
Sadik, F., “Children and Discipline: Investigating Secondary School Students’ Perception of Discipline through Metaphorsâ€, European Journal of Educational Research, Vol. 7, No. 1, h. 31-44, 2018.
Nugroho, A., “Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasarâ€, Jurnal Fundadikdas: Fundamental Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, h. 90-100, September 2020.
Permatasari, N. A., Setiawan, D., and Kironoratri, L., “Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daringâ€, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vo. 3, No. 6, h. 3758-3768, 2021.
Dewi, I. S., Hendracipta, N., and Syachruroji, A., “The Implementation of Student Discipline through School Rulesâ€, Indonesian Values and Character Education Journal, Vol. 4, No. 2, Oktober 2021.
Kementrian Pendidikan Nasional, Bahan Pelatihan: Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Jakarta, 2010.
Sukadari, S., “Peranan Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikanâ€, Jurnal Exponential: Education for Exceptional Children, Vol. 1, No. 1, h. 75-86, Maret 2020.
Tim Penguatan Pendidikan Karakter, Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta, 2018.
Creswell, J. W., Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Ed, Pearson Education Inc., Boston, 2012.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., and Hyun, H. H., How to Design and Evaluate Research in Education, 8th Ed., McGraw-Hill, New York, 2012.
Miles, M. B., Huberman, A. M., and Saldana, J., Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3rd Ed., SAGE Publications, Inc., United Kingdom, 2014.
Yuliana, D. R. R., Hawanti, S., and Wijayanti, O., “Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas melalui Manajemen Kelas di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Tematik, Vol. 9, No. 2, h. 109-114, Agustus 2019.
Fajri, N., and Mirsal., “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasarâ€, at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, h. 1-10, 2021.
Lickona, T., Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, The New York Times Company, 1991.
Sobri, M., Nursaptini, Widodo, A., and Sutisna, D., “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa melalui Kultur Sekolahâ€, Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, Vol. 6, No. 1, h. 61-71, Maret 2019.
Rahmani, R., Putri, S., Rani, M. I., and Hambali., “Upaya Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air melalui Upacara Bendera pada Siswa SD Negeri 10 Banda Acehâ€, Jurnal Tunas Bangsa, Vol. 8, No. 1, h. 42-52, Februari 2021.
Saryadi, Putri, S. N. A., Puspitasari, H., and Setyaningsih, E., “Pembiasaan Sholat Dhuha Berjama’ah terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Sambiâ€, Buletin Literasi Budaya Sekolah, Vol. 2, No. 2, h. 120-125, Desember 2020.
Garnika, E., Membangun Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Metode Cerita, Contoh, Biasakan, dan Apresiasi (CCBA), Edu Publisher, Tasikmalaya, 2020.
Utami, F., and Prasetyo, I., “Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Diniâ€, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 2, h. 1777-1786, Januari 2021.
Budiarso, A., “Efektivitas Penggunaan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Keberhasilan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasarâ€, Education: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, Vol. 3, No. 1, h. 52-64, Maret 2023.
Rahmawati, E., and Hasanah, U. I., “Pemberian Sanksi (Hukuman) terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplinâ€, Indonesian Journal of Teacher Education, Vol. 2, No. 1, h. 236-245, Maret 2021.
Dewantara, K. H., Ki Hadjar Dewantara: Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka, Bagian Pertama: Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST-Press), Yogyakarta, 2013.
Siregar, H., “Pembentukan Karakter Siswa melalui Penegakan Disiplin di Sekolahâ€, Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi, Vol. 3, No. 3, h. 86-92, Juli 2022.