Penguatan Civic Intelligence dalam Good Citizenship Melalui Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Belitang III

Authors

  • Della Salsabila Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Achmad Muthali'in Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v11i2.15963

Keywords:

Civic intelligence, Good citizenship, Pembelajaran PPKn

Abstract

Artikel ini untuk mendeskripsikan Civic intelligence dalam good citizenship melalui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Belitang III berikut kendala dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, karena peneliti ingin mendeskripsikan suatu permasalahan secara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran PPKn, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi (Huberman dan Miles) meliputi pengumpulan data, reduski data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penguatan civic intelligence dalam good citizenship melalui pembelajaran PPKn melalui metode antara lain pengajaran di dalam kelas, keteladanan, outing class, penugasaan, pengontrolan, serta hukuman (punishment) dan penghargaan (reward).  Berikut Kendala adalah berasal dari peserta didik itu sendiri yaitu kurangnya kesadaran diri dan motivasi diri dalam peserta didik serta adanya pengaruh dari teman sebaya. Solusi yang dilakukan adalah antara lain guru sebegai teladan atau contoh bagi peserta didik, guru sebagai fasilitator, guru sebagai motivator, serta pemberian punishment dan reward.Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi penelitian  selanjutnya  dan bisa dikembangkan menjadi lebih  sempurna.

Author Biographies

Della Salsabila, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Achmad Muthali'in, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

References

P. R. Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor20 TAahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,†2003.

L. D. Sartika, H. Joebagio, and S. Susanto, “Model Pembelajaran IPS Terintegrasi Nilai-Nilai Catur Guru sebagai Civic Intelligence di Bali,†Yupa Hist. Stud. J., vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.30872/yupa.v4i1.172.

D. N. Aini, “Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan,†Biormatika J. Ilm. Fak. Kegur. dan ilmu …, vol. 4, no. 1, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/195

D. Schuler, “Pieces of Civic Intelligence: Towards a capacities framework,†E-Learning Digit. Media, vol. 11, no. 5, pp. 518–529, 2014, doi: 10.2304/elea.2014.11.5.518.

Y. Hardhiana, “Penyebab Dekadensi Moral di Sekolah dan Upaya Pencegahannya,†2021. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/03/03/penyebab-dekadensi-moral-di-sekolah-dan-upaya-pencegahannya/#:~:text=Contoh dari dekadensi moral yang,penyalahgunaan narkoba dan lain-lain.

N. S. Sofia, “Angka Kasus Bullying Anak Capai Ribuan Kasus dan Semakin Tinggi, Kenali Dampak dan Cara Pencegahannya,†2023. https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1016346150/angka-kasus-bullying-anak-capai-ribuan-kasus-dan-semakin-tinggi-kenali-dampak-dan-cara-pencegahannya

M. I. Mahdi, “Tawuran Pelajar Paling Banyak Terjadi di Jawa Barat pada 2021,†Dataindonesia.id, 2022. https://dataindonesia.id/ragam/detail/tawuran-pelajar-paling-banyak-terjadi-di-jawa-barat-pada-2021

N. W. Rochmadi, “Melahirkan kembali pendidikan Pancasila sebagai pengembang karakter luhur dan rasa kebangsaan manusia Indonesia.,†Pros. Semin. Nas. “Memperkuat Nilai Karakter Keindonesiaan Memasuki Masy. Ekon. ASEAN 2015,†pp. 41–53, 2015.

N. W. Rochmadi and L. A. Rochastuti, “Kecerdasaan kewarganegaraan terhadap perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bentuk gambar,†Semin. Nas. Kewarganegaraan, vol. 3, no. 1, pp. 61–70, 2021.

H. Siregar and S. N. Pratiwi, “Pengembangan kecerdasan kewarganegaraan melalui mata kuliah kewarganegaraan Pendahuluan,†Pros. Semin. Nas. Kewarganegaraan, vol. 3, pp. 23–30, 2021.

M. Irma, H. Haris, and A. Kasmawati, “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kewarganegaraan Peserta Didik di SMA,†Phinisi Integr. Rev., vol. 5, no. 1, pp. 271–282, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/pir/article/view/31769%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/pir/article/viewFile/31769/14683

A. Iyan and D. Anggraeni Dewi, “Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mewujudkan Peserta Didik Yang Cerdas Dan Baik (Smart and Good Citizen),†IJOIS Indones. J. Islam. Stud., vol. 2, no. 01, pp. 35–46, 2021, [Online]. Available: file:///C:/Users/bhans/Downloads/20-Article Text-63-1-10-20210413.pdf

Masrukhi, “Pengembangan Civic Intellegence Berbasis Kegiatan Ekstra Kurikuler Di Sekolah Dasar,†Integralistik, vol. I, pp. 14–28, 2018.

U. S. omantri, M. N., & Winataputra, “Disiplin pendidikan kewarganegaraan: Kultur akademis dan pedagogis (Sapriya & R. Machfiroh (eds.)).,†Lab. PKn Univ. Pendidik. Indones., 2017.

K. S. Nurmalina, “Memahami Pendidikan Kewarganegaraan.,†Lab. PKn Univ. Pendidik. Idonesia, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 2017.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,†Alfabeta, 2015.

R. A. Widiyanti, “Model pengembangan kecerdasan kewargaan berbasis kegiatan keagamaan di madrasah aliyah,†Pros. Semin. Nas. Kewarganegaraan, vol. 3, pp. 161–166, 2021.

K. J. Septia Putri Anggraeni, Nadya Putri Saylendra, “Peran PKn dalam mengembangkan kecerdasan kewargaan untuk membentuk keadaban publik,†Pros. Semin. Nas. Kewarganegaraan, vol. 3, pp. 91–97, 2021.

M. Karniyanti, P. Kpalet, and N. Chotimah, “Peran guru PKn dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik,†J. JUPEKN, vol. 5, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/jupekn

A. D. Irawan and M. Nurcahyani, “Pengembangan civic intelligence sejak dini di sekolah dasar melalui pembelajaran kewarganegaraan yang nyata Pendahuluan,†Semin. Nas. Kewarganegaraan, vol. 3, no. 1, pp. 52–60, 2021.

Downloads

Published

2023-09-27