Pemahaman Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Terhadap Sikap Sosial Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v11i2.16776Keywords:
Pemahaman Pancasila, Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Sikap Sosial SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab terhadap sikap sosial siswa di SMK Islam Asy-Syuhada. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKI Asy-Syuhada sebanyak 188 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dengan instrumen kuesioner berskala Guttman untuk pemahaman sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan kuesioner berskala Likert untuk sikap sosial siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Persyaratan Analisis dan Uji Hipotesis Spearman-rank Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara variabel Pemahaman Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan variabel Sikap Sosial Siswa memiliki kekuatan hubungan lemah serta memiliki hubungan tidak signifikan (rho = 0.232; sig. = 0.063; p-value = 0.05) dan pengaruh variabel Pemahaman Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab terhadap variabel Sikap Sosial Siswa sebesar 8% (Rsquare = 0.080) serta berpengaruh signifikan (DF = 1;64, F = 3.654, sig. = 0.060, p-value = 0.05).References
Herdiawanto, H., Wasitaatmadja, F. F., & Hamdayama, J. (2019). Spiritualisme Pancasila (3rd ed.). Prenada Media.
Hutagalung, I. (2007). Pengembangan Kepribadian: Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif. Indeks.
Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2017). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa (2nd ed.). CV Pustaka Setia.
Sahlan, A. (2017). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi. UIN-Maliki Press.
Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Kencana.
Ginting, S. (2020). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dengan Karakter Siswa Di SMP Swasta HKBP Belawan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 54–75.
Hasanuddin, I. (2022). Filsafat Sosial Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 12(164), 60–66. https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jitu/article/view/180
Hidayat, A., & Sadewa, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 321–328. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.253
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
Nurhikmah, A. R., & Nugrahaningtyas, N. (2021). Dinamika Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa. Jurnal Pancasila, 2(2), 59–69. https://jurnal.ugm.ac.id/pancasila/article/view/67807
Rahma, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 63–74.
Ratuanik, M., Wermpinan, W., Bacory, Z., Batkunde, Y., Studi Pendidikan Matematika, P., Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Saumlaki, S., & Boediono-Lauran, J. (2021). Pemahaman Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Saumlaki Tentang Lingkaran Setelah Penerapan PMRI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1322–1331. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/493
Rossa, B. (2019). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Di Sma Negeri 4 Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sari, P., & Marlina, S. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 4 Tahun di Dusun Cempaka Putih. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 229–238. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1328
Septian, D. (2020). Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Memperkuat Kerukunan Umat. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 155–168. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.147
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs DARUL ULUM MUHAMMADIYAH GALUR. Intersections, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Suryaningsih, Rudi Mumu, A. P. (2022). Jurnal ilmiah society. Journal Ilmiah Society, 2(1), 1–10.
Yusnita, H., & Zein, N. (2019). Pengaruh Pemahaman Materi Wakalah dan Sulhu terhadap Tanggung Jawab dan Cinta Damai Siswa di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Instructional Development Journal, 2(2), 86. https://doi.org/10.24014/idj.v2i2.8595