Penerapan Metode Small Group Discussion Terhadap Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1792Keywords:
Pembelajaran, Small Group Discussion, Motivasi, BelajarAbstract
Kurangnya minat atau motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikarenakan beberapa hal. Diantaranya; media pembelajaran yang digunakan guru kurang optimal, rendahnya motivasi belajar siswa membuat menurunnya prestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengarauh pembelajaran metode small group discussion terhadap motivasi belajar. Pembelajaran small group discussion, small berarti kecil, group berarti kelompok, dan discussion berarti bertukar pikiran dan pendapat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa small group discussion adalah tukar pendapat untuk memecahkan suatu masalah/mencari kebenaran di dalam kelompok kecil. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan sampel penelitian berjumlah 36 orang siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi satu predokator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode small group discussion terhadap motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi motivasi siswa. Jadi adanya metode tersebut sangat membantu antusias siswa untuk belajar semakin giat dan aktif.
Â
Lack of interest or motivation to learn students in the subjects of PPKn, learning media used by the teachers of PPKn less optimal, low motivation to learn students make a decrease in learning achievement. The purpose of this research is to learn small group discussion of learning motivation. Small group discussion is small, group means group, and discussion means exchanging thoughts and opinions. So it can be concluded that Small group discussion is a brainstorm to solve a problem/find the truth in small groups. This method of research is quantitative research, research samples amounting to 36 students, data collection techniques such as observation, poll and documentation while the data analysis technique used method of descriptive analysis and regression analysis of one predozer. Based on the results shows that the implementation of small group discussion methods of learning motivation to students can affect the motivation of students. So there is a very helpful method for students to learn increasingly active and enterprising.
References
R. Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,†Jakarta Pemerintah Republik Indones., 2003.
N. F. Saraswati and M. Djazari, “Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018,†J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 16, no. 2, pp. 15–23, 2018.
A. Christiani, “Penerapan metode Small Group Discussion dengan Model Cooperative Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar,†J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2014.
A. Sakban and K. Aini, “Penerapan Model Pembelajaran Concept Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas V MI NW Apitaik Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 4, no. 1, pp. 123–128, 2016.
S. Suprihatin, “Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa,†J. Pendidik. Ekon. UM Metro, vol. 3, no. 1, pp. 73–82, 2015.
A. Emda, “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran,†Lantanida J., vol. 5, no. 2, pp. 172–182, 2018.
W. Sanjaya, “Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan,†2006.
P. Fathurrohman and M. S. Sutikno, “Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami,†2019.
M. Wiharto, “Kegiatan Lesson Study Dalam Pembelajaran,†FGD-Pengayaan Pengemb. Kurikulum Pendidik. Tinggi. Kementrian Ris. Teknol. dan Pendidik. Tinggi, pp. 22–30, 2017.
A. Aisah, N. Suryani, and S. S. Fadhilah, “Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Kolaborasi Small Group Discussion Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan,†Teknodika, vol. 16, no. 1, pp. 1–9.
M. Anshori and S. Iswati, “Metodologi penelitian kuantitatif,†Surabaya Pus. Pnb. dan Percetakan UNAIR, 2009.
A. Suharsimi, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2,†Jakarta PT Bumi Aksara, 2013.
M. Fathurrohman, “Model-Model Pembelajaran.†Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
E. S. N. Jannah, “Penerapan Metode Pembelajaran ‘Active Learning-Small Group Discussion’ di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran,†FONDATIA, vol. 3, no. 2, pp. 19–34, 2019.
W. Putriawati, “Penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa,†Prism. Sains J. Pengkaj. Ilmu dan Pembelajaran Mat. dan IPA IKIP Mataram, vol. 7, no. 1, pp. 80–90, 2019.