Pola Penggunaan Media Sosial Whatsapp Dalam Pemenuhan Informasi Mahasiswa Universitas Terbuka Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2867Keywords:
Pola penggunaan, Informasi, Komunikasi, Media sosial, WhatsAppAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola penggunaan media sosial WhatsApp dalam pemenuhan informasi mahasiswa Universitas Terbuka Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei korelasional deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1. Frekuensi dan waktu yang digunakan oleh responden dalam mencari informasi di komunitas WhatsApp tergolong tinggi. Jenis informasi yang paling banyak dicari oleh responden adalah tutorial dan nilai. Faktor kepemilikan TIK dan motif mencari informasi memiliki hubungan yang sangat nyata dengan pola penggunaan komunitas WhatsApp, sedangkan faktor jenis kelamin, umur, pekerjaan dan informasi yang paling banyak dicari tidak memiliki hubungan yang nyata. 2. Tingkat pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa melalui komunitas WhatsApp tergolong tinggi. Faktor pola penggunaan komunitas WhatsApp seperti jumlah hari kunjungan, jumlah kunjungan, dan jumlah waktu kuncungan memiliki hubungan yang sangat nyata dengan tingkat pemenuhan informasi mahasiswa.
This study aims to identify and analyze pattern of the use of WhatsApp social media in fulfilling information of students of Mataram Open University. The method used in this research is a descriptive correlational survey. The results in this study: 1. The frequency and time spent by respondents in finding information in the WhatsApp community is high. The types of information most sought by respondents were tutorials and grades. ICT ownership factors and information seeking motives have a very real relationship with WhatsApp community usage patterns, while the sexes, age, occupations and information that are most sought after do not have a real relationship. 2. The level of fulfillment of student information needs through the WhatsApp community is high. Factor patterns of use of the WhatsApp community such as the number of visit days, the number of visits, and the amount of time the kuncungan has a very real relationship with the level of student information fulfillment.
References
(1) AR., M. Fikri. Konflik Agama dan Konstruksi New Media. Malang: UB Press. 2015. 221
(2) Nurhalimah, dkk. Media Sosial dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Deepublish Publisher, Yogyakarta.2019.(27)
(3) Hariwijaya, M. Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, Desertasi. Yogyakarta: Elmatera Publising, 2017.49.
(4) Lynch, J. D. Digital Public Library of America Service Hub Social Media Usage Analysis. 2019.
(5) Haryanto, Haryanto. Pemanfaatan Social Media Network Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Optimalisasi Resources Sharing Koleksi Antar Perguruan Tinggi. Pustakaloka. 2016. 8. 130. 10.21154/pustakaloka.v8i1.470.
(6) Setyani, N. I. Penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi bagi komunitas (Studi deskriptif kualitatif penggunaan media sosial Twitter, Facebook, dan Blog sebagai sarana komunikasi bagi komunitas akademi berbagi Surakarta). 2013.
(7) Angela, Natasha & Yoedtadi, Moehammad. Pemanfaatan Media Sosial Oleh Komunitas Historia Indonesia. Prologia. 2019. 3. 393. 10.24912/pr.v3i2.6371.
(8) Lusiana, D., Widayatmoko, W., & Pribadi, M. A. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kuliner Para Followers Akun@ Jktfoodbang. Koneksi, 2018. 1(2), 315-322.
(9) Khotijah, I., & Muhammad, F. Pengaruh Media Sosial Instagram@ AgendaSolo dalam Pemenuhan Informasi bagi Pengguna Followers (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta). 2020.
(10) Helen, H., & Rusdi, F. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram@ Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2019. 2(2), 355-362.
(11) Atika, A., Lubis, D. P., & Rangkuti, P. A. Tingkat Pemenuhan Informasi Petani Melalui Radio Komunitas. Jurnal Aspikom, 2017. 3(3), 435-446.
(12) Joko, I. L. T. Pola Komunikasi Anak Melalui Media Sosial WhatsApp dengan Orang Tua di Perantauan (Studi di Desa Lailangga Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 2018. 3(2).
(13) Permatasari, E. M. A. Pola Komunikasi Jarak Jauh Antara Orang Tua Dan Anak Dalam Meningkatkan Tali Silaturahmi Di Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Angkatan 2013 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). 2017.
(14) Nurjaman. Pola Komunikasi Kyai dalam Memelihara Solidaritas Jamaah. Academic Journal for Homiletic Studies, Vol 19 No 2, 2016. 305-330
(15) Sukrillah, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. Pemanfaatan Media Sosial Melalui WhatsApp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal Komunikatio, 2018. 3 (2).
(16) Husna, N. Dampak Media Sosial terhadap Komunikasi Interpersonal Pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. LIBRIA, 9(2), 2018. 183-196.