STRATEGI PEMBELAJARAN SYNERGET TEACHING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA DI MAN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v4i1.319Abstract
Abstrak: Masalah utama yang dihadapi siswa di MAN 1 Mataram, dalam proses belajar mengajar PPKn dikarenakan dalam setiap pembelajaran menggunakan strategi konvesional sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Synergetic Teaching dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas X MAN 1 Mataram tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalan kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen, desain yang digunakan yaitu pra esksperimen dalam bentuk static group compersion. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 2. Kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 38 orang sedangkan kelas X MIA 2 dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 40 orang, pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan skunder. Metode analisis data yang digunakan adalah rumus statistik berupa rumus t-tes Polled Varians.
Berdasarkan hasil dan pembahasan maka yang dapat diambil bahwa taraf signifikan 5% nilai t tertera bilangan 2,000 oleh bilangan yang diperoleh 6,577 lebih besar dari bilangan yang ada dalam tabel maka, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi “Terdapat Perbedaan Pengaruh Yang Positif dan Signifikan Antara Strategi Pembelajaran Synergetic Teaching Dengan Pembelajaran Konvensional dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016†diterima. Penggunaan Strategi pembelajaran Synergetic Teaching merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan ranah kognitif siswa yang ditunjukkan dengan perbaikan hasil belajar siswa. Jadi penerapan Strategi pembelajaran Synergetic Teaching ini dapat meningkatkan nilai akademik siswa yang berhubungan dengan hasil belajar sehingga memberikan keuntungan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok atau tugas-tugas akademik sehingga siswa memahami konsep-konsep yang dianggap sulit.
Â
Abstract: Â The main problem that the student faced in MAN 1 Mataram in teaching learning process, especially PPKN. It cause of in teaching learning process usually used conventional strategy, so the student get low score. Therefore, the aim of the writer take this research is to know the effect of synergetic teaching strategy to improve the student score in study PPKN at x grade student of MAN 1 Mataram in academic year 2015/2016.
               This research used quantitative method, which the experimental approach and the design is pre-experiment in static group comparison form. In this research the writer take two class as sample, there are class X MIA 1 and class MIA 2. Where class X MIA 1 as class control which consist of 38 students and class X MIA 2 as class experiment which consist of 40 students. in collected the data was used multiple choice. The type of the data has used is quantitative and data source is primer and skunder. The method of data analysis is used t-test polled variance.
               Based on the result and discussion showed that significant of t-test is 5% with number is 2,000 that value was achieve is 6,577 higher than value on t-table. So the hypothesis of this research there are a different positive effect and significant between synergetic teaching strategy with conventional lesson toward the student score in learning PPKN at X grade student of MAN 1 Mataram in academic year 2015/2016 is received. Synergetic strategy is a strategy than could be applied to improve students cognitive skill which has showed by improvement student achievement. Furthermore, applied synergetic teaching strategy can increase student’s academic value. It also showed that using synergetic teaching strategy is useful for the students, well that individually or in a group in order to solve their problem in understanding every lesson concept.