PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 1 BATU KUTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v4i1.322Abstract
Abstrak: Hal Pokok yang menjadi dasar peneliti mengadakan penelitian adalah rendahnya hasil belajar pada siswa kelas V SDN I Batukuta. Salah satu sebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran yang masih didominasi dengan metode ceramah. Strategi pembelajaran yang sering diterapkan pada proses belajar mengajar di kelas V SDN I Batukuta Tahun pelajaran 2014/2015 adalah metode ceramah tanpa menggunakn model pembelajaran yang bervariasi. Dengan strategi pembelajaran yang demikian siswa merasa kesulitan memahami dan menyerap materi pelajaran yang diajarkan sehingga menyebabkan mata pelajaran yang diajarkan kurang dapat dipahami dengan baik dan menyebabkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar kurang aktif. Dari latar belakang tersebut diatas, penulis merumuskan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penggunaan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKn". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestai belajar PKn pada siswa kelas V SDN I Batukuta tahun pelajaran 2014/2015 melalui penggunaan model pembelajaran Role Playing.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus.
Hasil penelitian pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 66,05 dengan presentasi ketuntasan sebesar 39,47 %. Sedangkan pada siklus dua diperoleh nilai rata-rata 78,68% dengan presentase ketuntasan sebesar 84,21% Dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus dua mengalami peningkatan dari siklus pertama dan sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu minimal 80% siswa mendapat nilai di atas 70 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN I Batu Kuta  tahun pelajaran 2014/2015.