Pengaruh Model Pembeajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII SMPN 11 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v5i2.434Keywords:
pengaruh, model, pembelajaran, think talk write, hasil, belajarAbstract
Kurangnya memahami materi yang di berikan oleh guru dalam proses belajar mengajar PPKn. Hal ini terjadi karena dalam setiap pembelajaran guru lebih sering mengunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa rendah. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan hasil belajar siswa PPKn kelas VIII SMPN 11 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, desain yang digunakan yaitu pre eksperiment dengan desain static group comparason, dengan menggunakan tekhnik simple random sampling. metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data menggunakan tehnik analisis stastistic dengan menggunakan rumus t-tes. Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh nilai rata-rata eksperimen sebesar 18,75 dengan nilai tertinggi 23 dan nilai terendah 14 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 17,91 dengan nilai tertinggi 22 dan nilai terendah 14. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh t-hitung sebesar 2,350 dan t- tabel sebesar 1,671 maka karena t-hitung ≤ t-tabel maka di terima dan  ditolak. Dari hasil yang diperoleh menggunakan uji t,  sebesar 2,350 dan  1,671. Apabila  ≥  maka hipotesis diajukan diterima.
Â
Lack of understanding the material provided by the teacher in the learning process of PPKn. This happens because in each learning teacher uses the lecture method more often, so student learning outcomes are low. For this reason, we need a group learning method. The purpose of this study was to determine the effect of the learning model think talk write can improve student learning outcomes of class VIII PPKn students of 11 Public High School Mataram. The type of research used is quantitative with an experimental approach, the design used is pre experiment with a static group comparason design, using simple random sampling technique. Data collection methods use test, documentation and observation methods. Data analysis method uses stastistic analysis techniques using the t-test formula. The results of the research and data analysis obtained the experimental average value of 18.75 with the highest value of 23 and the lowest value of 14 while the average value of the control class 17.91 with the highest value of 22 and the lowest value 14. Based on the results of the t test, obtained t -count is 2,350 and t-table is 1,671 so because t-count ≤ t-table is accepted and rejected. From the results obtained using the t test, amounting to 2,350 and 1,671. If ≥ then the hypothesis is submitted.
References
M. Nugraha, M. Aan, and E. Wahyudin, “Pendidikan Agama Islam, untuk kelas X SMP,†Semarang Karya Toha Putra, 2006.
L. Anita, “Cooperative Learning,†Jakarta. Gramedia Widiasarana Indones., 2008.
S. Pradana, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write pada Pelajaran Ekonomi Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Sindangwangi Tahun Ajaran 2013/2014.â€
C. N. D. A. Ahmadi, “Metodologi Penelitian, cet,†Ke-10 (Jakarta Bumi Aksara, 2009), vol. 85, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.
Sugiyono, “Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D,†Alf. Bandung, 2010.
S. Rutoto, “Pengantar Metedologi Penelitian,†FKIP Univ. Muria Kudus, 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.
I. I. A. D. A. Zainal, “Penelitian Dan Statistik Pendidikan.†Jakarta, 1993.
A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian, Jakarta: PT,†Rineka Cipta, p. 201:274, 2013.
A. Suharsimi, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2,†Jakarta PT Bumi Aksara, 2013.
N. Elida, “Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran Think-Talk-Write (TTW),†Infin. J., vol. 1, no. 2, pp. 178–185, 2012.
U. Sumarmo, W. Hidayat, R. Zukarnaen, M. Hamidah, and R. Sariningsih, “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write),†J. Pengajaran MIPA, vol. 17, no. 1, pp. 17–33, 2012.
L. A. Sumirat, “Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa.†Universitas Terbuka, 2013.
A. Yazid, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think-Talk-Write) pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar,†J. Prim. Educ., vol. 1, no. 1, 2012.