Penggunaan Metode Problem Based Learning Berbantu Media Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Materi Norma dan Keadilan Siswa Kelas 7A di SMP Negeri 1 Ledokombo

Authors

  • Siti Chayumi SMP Negeri 1 Ledokombo Jember Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v9i1.5810

Keywords:

Problem Based Learning, Media Video, Norma Keadilan

Abstract

Banyak faktor yang menyebabkan hasil belajar PKn siswa rendah yaitu faktor internal dan eksternal dari siswa. Faktor internal antara lain: motivasi belajar, intelegensi, kebiasan dan rasa percaya diri. Sedangkan faktor eksternal seperti; guru, startegi pembelajaran, sarana dan prasarana, kurikulum dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kegiatan proses pembelajaran PKn dan peningkatan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning berbantu Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 7A di SMP Negeri 1 Ledokombo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian   ini   merupakan   penelitian   tindakan   kelas dan subjek penelitian siswa kelas VIIA. Teknik pengumpulan  data berupa observasi,  tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning berbantu video pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti adanya peningkatan partisipasi aktif belajar siswa pada siklus II. Siklus I siswa berpartisipasi aktif mencapai kriteria sedang sebanyak 20 siswa sedangkan yang mencapai kriteria baik 13 siswa mendapat skor minimal 70. Pada Siklus II yang mencapai kriteria sedang 9 orang, dan yang mendapat kriteria baik 25 orang. Peningkatan  hasil  belajar  siswa  terhadap  mata  pelajaran  PKn  tampak adanya  peningkatan  rata-rata  dari  siklus  I  (74,09)  meningkat  cukup signifikan pada siklus II dengan nilai rata-rata (81,96).

Many factors cause low student civics learning outcomes, namely internal and external factors from students. Internal factors include learning motivation, intelligence, habits, and self-confidence. While external factors such as; teachers, learning strategies, facilities and infrastructure, curriculum, and the environment. This study aims to determine the increase in civics learning process activities and the improvement of learning outcomes using the Problem Based Learning model with video media in improving civics Learning outcomes for class 7A Students at SMP Negeri 1 Ledokombo odd Semester 2016/2017 Academic Year. This research is a classroom action research and research subjects of class VIIA students. Data collection techniques in the form of observation, tests, and documentation. The results showed that the application of video-assisted Problem Based Learning model with video media in Civics subjects could increase active participation and student learning outcomes. This is proven by an increase in students' active learning participation in cycle II. In Cycle I, students actively participated in achieving moderate criteria as many as 20 students, while those who achieved good criteria were 13 students who got a minimum score of 70. In cycle II, 9 students achieved moderate criteria, and 25 students got good criteria. The increase in student learning outcomes on Civics subjects shows an increase in the average from cycle I (74.09) increased quite significantly in cycle II with an average value (81.96).

References

M. Rahayu, Pendidikan kewarganegaraan. Grasindo, 2007.

E. K. Dewi and O. Jatiningsih, “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di SMAN 22 Surabaya,†Kaji. Moral dan Kewarganegaraan, vol. 2, no. 3, pp. 936–950, 2015.

T. R. Koroh and P. Ly, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa,†J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 126–132, 2020.

S. Sukaptiyah, “Peningkatan hasil belajar PKN melalui model problem based learning pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro,†Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 5, no. 1, pp. 114–121, 2015.

D. P. Sari, “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar,†J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 3, no. 4, 2013.

A. Ahyar, S. Sihkabuden, and Y. Soepriyanto, “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn),†JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 74–80, 2019.

T. S. Septiana and M. R. Kurniawan, “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran PKn di SD Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/2017,†J. Fundadikdas (Fundamental Pendidik. Dasar), vol. 1, no. 1, pp. 94–105, 2018.

R. F. Rohani, “Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan,†Edukasi J. Pendidik., vol. 14, no. 2, pp. 330–340, 2017.

N. W. W. Yanti, “Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn,†J. Pendidik. Kewarganegaraan Undiksha, vol. 1, no. 2, 2013.

E. De Graaf and A. Kolmos, “Characteristics of problem-based learning,†Int. J. Eng. Educ., vol. 19, no. 5, pp. 657–662, 2003.

C. E. Hmelo-Silver, “Problem-based learning: What and how do students learn?,†Educ. Psychol. Rev., vol. 16, no. 3, pp. 235–266, 2004.

J. R. Savery and T. M. Duffy, “Problem based learning: An instructional model and its constructivist framework,†Educ. Technol., vol. 35, no. 5, pp. 31–38, 1995.

W. Hung, D. H. Jonassen, and R. Liu, “Problem-based learning,†Handb. Res. Educ. Commun. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 485–506, 2008.

L. J. Briggs, Instructional design: Principles and applications. Educational Technology, 1991.

W. Sanjaya, “Strategi pembelajaran berorientasi standar proses,†Pendidikan. Jakarta Prenada Media Gr., 2010.

V. S. Gerlach, D. P. Ely, and R. Melnick, Teaching and media. Prentice-Hall, 1980.

S. E. Smaldino, “Instructional tecnology and media for learning. dalam the association for educational communication and tecnology.†Jakarta: Kencana, 2011.

Y. Munadi, “Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru.†Jakarta: Gaung persada press, 2008.

H. Ah-Sanaky, “Media pembelajaran buku pegangan wajib guru dan dosen,†Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2011.

I. W. Iwantara, I. W. Sadia, and K. Suma, “Pengaruh penggunaan media video youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa,†J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., vol. 4, no. 1, 2014.

E. Ribawati, “Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,†Candrasangkala J. Pendidik. dan Sej., vol. 1, no. 1, pp. 134–145, 2015.

I. Baharuddin, “Efektivitas penggunaan media video tutorial sebagai pendukung pembelajaran Matematika terhadap minat dan hasil belajar peserta didik SMA negeri 1 Bajo kabupaten Luwu Sulawesi Selatan,†J. Nalar Pendidik., vol. 2, no. 2, 2014.

S. Tamami, “Pengembangan Modul PPKn Berbasis Masalah pada Materi Norma dan Keadilan Siswa Kelas VII SMP,†J. Ilm. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 1, pp. 178–186, 2020.

Downloads

Published

2021-11-14

Issue

Section

Articles