Penanaman Karakter Moralitas dan Disiplin Melalui Program Ekstrakurikuler dan Ko-kurikuler di SMA Negeri 2 Donggo

Authors

  • Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Bernadus Ikir Wilhem Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v9i1.5987

Keywords:

Pananaman, Karakter, Moralitas, Ekstrakurikuler, Ko-kurikuler

Abstract

Karakter dapat dipengaruhi oleh ekonomi, globalisasi, pergaulan, dan teknologi, namun kondisi karakter peserta didik cenderung menurun pada aspek moral, tutur kata yang sopan berkurang, merokok di depan guru, bolos sekolah, berkelahi dan terlambat masuk sekolah. Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan penanaman karakter moralitas dan disiplin melalui program ekstrakurikuler dan ko-kurikuler di SMA Negeri 2 Donggo. Metode penelitian yang telah digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi literature. Subyek penelitian yang terlibat adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru BK, pembina kegiatan ekstra kurikuler dan pelajar. Pengumpulan data yang telah digunakan yaitu observasi, interview, studi literature. Analisis data yang telah digunakan untuk menganalisis data model interaktif yakni tahap pengumpulan data, reduksi data, verifikasi  dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter moralitas dan disiplin melalui program kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan dengan cara pola pembinaan berupa paskibra, pramuka, OSIS, dan Imtaq. Penanaman ini harus terus dilakukan sesuai dengan kurikulum dan program unggulan sekolah, serta pembinaan moralitas dan disiplin peserta didik sangat penting dilakukan untuk mewujudkan peserta didik berakhlak mulia, bermoral tinggi, kerja keras, disiplin kerja, toleransi  dan  tanggungjawab. Penanaman karakter moralitas dan disiplin melalui program kegiatan ko-kurikuler dapat dilakukan melalui program pembelajaran baik didalam ruangan kelas maupun diluar ruangan kelas dengan mengembangkan mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, bimbingan konseling dan pendidikan agama.

Character can be influenced by the economy, globalization, association, and technology, but the condition of the character of students tends to decrease in the moral aspect, reduced polite speech, smokes in front of the teacher, skips school, fights and is late for school. The purpose of this article is to describe the cultivation of morality and discipline characters through extracurricular and co-curricular programs at SMA Negeri 2 Donggo. The research method that has been used is qualitative research with a descriptive approach and literature study. The research subjects involved were school principals, PPKn teachers, BK teachers, extra-curricular activities supervisors and students. Data collection that has been used are observation, interviews, literature studies. Data analysis that has been used to analyze the interactive model data is the stages of data collection, data reduction, verification and data inference. Based on the results of the study, it was shown that the cultivation of moral character and discipline through extracurricular activity programs could be carried out by means of a coaching pattern in the form of Paskibra, Scouts, Student Council, and Imtaq. This planting must continue to be carried out in accordance with the curriculum and the school's flagship program, as well as fostering student morality and discipline is very important to realize students with noble character, high morals, hard work, work discipline, tolerance and responsibility. The inculcation of morality and discipline characters through co-curricular activities can be done through learning programs both in the classroom and outside the classroom by developing Pancasila and civic education subjects, counseling guidance and religious education.

References

I. K. Sudarsana, “Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Alam Terbuka,†Pros. Nas., 2016.

A. S. Fibrianto and S. Bakhri, “Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 3 Surakarta,†J. Moral Kemasyarakatan, vol. 2, no. 2, pp. 75–93, 2017.

M. S. Haryati, “Menumbuhkan Nasionalisme pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Studi Kasus di MAN 2 Model Mataram).†Universitas Mataram, 2018.

A. Abrar and K. Sundara, “Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa di SMP Darul Hikmah Mataram,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 2, pp. 40–47, 2017.

E. Rohmawati, “Penanaman Nilai-nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo Di Mi Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo,†Disertasi, 2020.

D. S. Arum, “Penanaman Karakter Disiplin Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci Di Mi Muhammadiyah Tambakan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas,†Skripsi, 2019.

Y. Rohimah, “Penanaman Karakter Disiplin Dan Kepemimpinan Terhadap Peserta Didik Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sd Negeri Kedawung 01 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap,†Dr. Disertasi IAIN, 2017.

N. Nuraini, “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kepramukaan Di Mi Ma’arif Nu Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017,†Disertasi IAIN Purwpkerto, 2017.

H. M. Wantu, “Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Moralitas Anak Bangsa,†Irfani, vol. 16, no. 1, pp. 1–8, 2020.

I. W. W. Darma, “Pendidikan Karakter Dan Moralitas Berbasis Tat Twam Asi,†Haridracarya J. Pendidik. Agama Hindu, vol. 1, no. 2, pp. 191–200, 2021.

R. Ruslan, “Penanaman Pendidikan Moralitas dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini dalam Perkembangan IPTEK,†Abdimas Papua J. Community Serv., vol. 2, no. 1, pp. 11–17, 2020.

B. Williams, Morality: An introduction to ethics. Cambridge University Press, 2012.

J. F. Fletcher, Situation ethics: The new morality. Westminster John Knox Press, 1997.

S. Fatimah, “Proses penanaman nilai moralitas siswa (Studi di SMA Negeri 2 Kota Batu),†PhD Thesis. Univ. Muhammadiyah Malang., 2013.

A. F. Helmi, “Disiplin kerja,†Bul. Psikol., vol. 4, no. 2, pp. 1–2, 1996.

C. N. Aulina, “Penanaman disiplin pada anak usia dini,†Pedagog. J. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 36–49, 2013.

W. Wuryandani, B. Maftuh, and D. Budimansyah, “Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar,†J. Cakrawala Pendidik., vol. 33, no. 2, 2014.

L. Hidayah, “Peran Ko Kurikuler dan Ekstrakurikuler Terhadap Upaya Pencapaian Kurikulum 2013,†As-Salam J. Stud. Huk. Islam Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 251–270, 2019.

A. Dahliyana, “Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah,†Sosio Reli. J. Kaji. Pendidik. Umum, vol. 15, no. 1, 2017.

S. U. Hasanah, “Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa,†J. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 3, no. 2, pp. 211–225, 2019.

N. Q. U. Al Azizi, “Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap pendidikan karakter kedisiplinan,†J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 12, no. 2, pp. 40–50, 2018.

N. Nurdin, J. Jahada, and L. Anhusadar, “Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun,†J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 952–959, 2021.

I. A. Toni, “Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Dalam Memebentuk Karakter Siswa Di Smk Negeri 2 Salatiga,†Satya Widya, vol. 35, no. 1, pp. 54–61, 2019.

H. Farisia, “Nurturing Religious and Moral Values at Early Childhood Education,†Didakt. Relig., vol. 8, no. 1, pp. 1–27, 2020.

K. Hasan, “Strengthening The Students’ Value of Diversity in Learning in Global Era,†Int. J. Act. Learn., vol. 2, no. 2, pp. 59–67, 2017.

S. Supardi and S. P. Rahayu, “Eksistensi Kegiatan Ekstra Kurikuler Paskibra Dalam Membina Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sman 7 Mataram,†Society, vol. 6, no. 1, pp. 31–48, 2015.

B. F. Anbiya, “Peran Kegitan Ekstrakulikuler Paskibra dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa,†J. Edukasi (Ekonomi, Pendidik. dan Akuntansi), vol. 6, no. 1, pp. 243–250, 2018.

M. H. S. Rahayu, “Aktualisasi Pramuka Pra Siaga dan Proses Pembinaannya dalam Perspektif Pendidikan Karakter Bangsa,†J. Pendidik., vol. 28, no. 2, pp. 147–154, 2019.

R. W. Ningrum, E. A. Ismaya, and N. Fajrie, “Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka,†J. Prakarsa Paedagog., vol. 3, no. 1, 2020.

A. T. Putri, “Hubungan Aktivitas OSIS dengan Karakter Disiplin Pengurus di SMP N 92 Jakarta,†J. Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 2, 2019.

I. Fitriani and A. Saumi, “Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program IMTAQ Dalam Membentuk Kepribadian Siswa,†El Midad, vol. 10, no. 2, pp. 75–97, 2018.

A. M. Arham, “Upaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMK Negeri 2 Mataram,†J. Ilm. Pendidik. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 33–43, 2019.

N. Sukra and A. Wirman, “Penanaman Disiplin melalui Kegiatan Upacara Bendera di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Padang,†J. Warn., vol. 3, no. 1, pp. 31–40, 2019.

A. R. R. R. Ayu, “Pembentukan Karakter Siswa SMP Negeri 6 Mojokerto Melalui Kegiatan Upacara Bendera,†Kaji. Moral dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 1, pp. 148–164, 2013.

N. Gazali, R. Cendra, O. Candra, L. Apriani, and I. Idawati, “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka,†Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 201–210, 2019.

D. Rahmadini, “Upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler memanah di SD Muhammadiyah 01 Kota Malang.†Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.

Y. H. Budiyono and Y. Harmawati, “Penguatan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan guru dan orang tua pada siswa sekolah dasar,†in Prosiding Seminar Nasional PPKn III, 2017, pp. 1–12.

F. Y. Fauzi, I. Arianto, and E. Solihatin, “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik,†J. PPKN UNJ Online,(Online), vol. 1, no. 2, 2013.

Downloads

Published

2021-03-30

Issue

Section

Articles