Upaya Guru PPKn Dalam Proses Remedial di Bawah Kriteria Ketuntasan Minimal Kelas VIII SMP Negeri 3 Dompu
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.671Keywords:
upaya, guru, remedialAbstract
Remidial merupakan suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan, atau pengajaran yang membuat menjadi baik. Saat ini sebagaian siswa yang belum mencapai kriterial ketuntasan minimal sehingga perlu dilakukan perbaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya guru PPKn dalam melakukan proses remedial siswa dan faktor apa yang mempengaruhi upaya guru PPKn dalam melakukan remedial untuk mencapai KKM kelas VIIIB SMP Negeri 3 Dompu. Jenis penelitin menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang pakai yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk memperoleh keabsahan data.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengambarkan bahwa dalam proses remedial guru melakukan upaya-upaya yang di berikan kepada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, upaya yang dilakukan oleh guru seperti memberikan motivasi, membimbing siswa, memberikan umpan balik, dan memberikan perhatian yang lebih. Faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam proses remedial yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari siswa yang tidak mau mengikuti remedial dan kurangnya kesiapan guru di dalam terlaksananya remedial. Faktor eksernal ada di dalam keluarga dan lingkungan, adanya faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi perkembangan siswa dan dapat mempengaruhi minat belajar siswa.
Â
Remidial is a form of teaching that is healing or correct, or teaching that makes it good. At present some students who have not achieved the minimum completeness criteria need improvement. The purpose of this study was to explain the efforts of PPKn teachers in conducting student remedial processes and what factors influenced the efforts of PPKn teachers in conducting remedials to reach class VIIIB KKM in Dompu 3 Public Middle School. This type of research uses qualitative research with a descriptive approach. Data collection used is observation, interviews, and documentation. The research subjects were teachers and students. The researcher used triangulation techniques to obtain the validity of the data. Data analysis techniques used were data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. The results of the study illustrate that in the remedial process the teacher makes efforts that are given to students who get grades under the KKM, the efforts made by the teacher such as giving motivation, guiding students, giving feedback, and giving more attention. Factors that influence teacher efforts in remedial processes are internal factors and external factors. Internal factors consist of students who do not want to follow remedial and lack of teacher readiness in the implementation of remedial. External factors exist in the family and the environment, the existence of these factors can influence the development of students and can affect students' learning interest.
References
S. Saddam, D. L. Setyowati, and J. Juhadi, “Integrasi Nilai-nilai Konservasi dalam Habituasi Kampus untuk Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Universitas Negeri Semarang,†J. Educ. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 128–135, 2016.
D. T. Kependidikan, D. JENDERAL, P. M. P. D. A. N. T. KEPENDIDIKAN, and D. P. NASIONAL, “Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran.†Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK, 2008.
H. Hafid, K. Kartono, and S. Suhito, “Remedial Teaching untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Prosedur Newman,†Unnes J. Math. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 257–265, 2016.
W. Chrisnajanti, “Pengaruh Program Remedial terhadap Ketuntasan Belajar Siswa,†J. Pendidik. Penabur, vol. 1, no. 1, pp. 81–86, 2002.
D. Mardapi, S. Hadi, and H. Retnawati, “Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Berbasis Peserta Didik Mata pelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta.†Prosiding, 2014.
W. Wirmawati, “Penerapan Pembelajaran Remedial Dalam Upaya Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sindue,†EDU Civ., vol. 3, no. 2, 2015.
P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.
A. Muhammad, “Guru dalam proses belajar mengajar,†Bandung Sinar Baru Algensindo, 2002.
S. Nasution, Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. PT. Bina Aksara, 2000.
D. Abdurrahman, Metodologi Penelitian Sejarah Islam. Penerbit Ombak, 2011.
K. G. Esterberg, “Qualitative methods in social research,†2002.
S. Hadi, “Metodologi research jilid I,†Yogyakarta Andi, vol. 94, p. 95, 2004.
M. B. Milles, “Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis.†London: Sage Publication.
R. Hildayani, M. Sugianto, R. Tarigan, and E. Handayani, “Psikologi perkembangan anak,†2014.
K. N. F. Sugihartono, F. Harahap, F. A. Setiawati, and S. R. Nurhayati, “Psikologi Pendidikan,†Yogyakarta UNY, 2007.
B. Slameto, “Faktor-faktor yang mempengaruhi,†Jakarta: Rineka Cipta, 2010.