Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.673Keywords:
peran, guru, membentuk, kepribadianAbstract
Peran guru dalam membentuk peserta didiknya sangatlah penting. Arahan guru menjadi petunjuk jalan bagi kegiatan siswanya. Seorang guru yang tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik dan melatih, ketika ingin mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam membentuk sikap dan kepribadian siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru agama, guru BK/BP, dan siswa. Pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis menggunakan analisis secara interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam membentuk sikap dan kepribadian siswa yaitu membentuk sikap siswa yang mempertahankan hak dan kewajibannya serta mampu melaksanakan hak dan kewajibannya dengan baik. Membentuk siswa yang memiliki rasa cinta terhadap tanah air serta memiliki rasa kebangsaan yang kuat dan dapat membentuk siswa yang dapat menghormati orang dalam kehidupan di sekolah maupun di masyarakat serta mentaati aturan yang berlaku. Membentuk siswa yang dapat melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan baik di sekolah maupun di masyarakat serta membentuk siswa yang mengakui bahwa indonesia ini adalah negara yang plural yaitu terdiri dari berbagai macam agama, suku, bahasa, dan budaya.
The role of the teacher in shaping students is very important. The teacher's direction becomes a guide to the activities of their students. A teacher who not only teaches, but also educates and trains, when he wants to achieve the expected learning goals. The purpose of this study was to determine the role of the teacher of Pancasila education and citizenship in shaping the attitudes and personality of students. The research method uses qualitative research with a descriptive approach. The research subjects were principals, PPKn teachers, religious teachers, BK / BP teachers, and students. Data collection uses observation, interviews, documentation. Analysis uses interactive analysis. The results of this study indicate that the role of PPKn teachers in shaping the attitudes and personality of students is to shape the attitude of students who defend their rights and obligations and are able to carry out their rights and obligations properly. Form students who have a sense of love for the homeland and have a strong sense of nationality and can form students who can respect people in life in school and in society and obey the applicable rules. Form students who can carry out deliberations in making decisions both at school and in the community and form students who recognize that Indonesia is a pluralistic country that consists of various kinds of religions, ethnicities, languages and cultures.
References
U.-U. R. Indonesia, “Sistem Pendidikan Nasional,†Jakarta Direktorat Pendidik. Menengah Umum, 2003.
A. T. Rusyan and H. E. Hamijaya, “Profesionalisme tenaga kependidikan,†Bandung Yayasa Karya Sarj. Mandiri, 1990.
N. Naim, Menjadi guru inspiratif: memberdayakan dan mengubah jalan hidup siswa. Pustaka Pelajar, 2009.
M. Conrad, M. Schneider, A. Seiler, and G. W. Bornkamm, “Physiological role of phospholipid hydroperoxide glutathione peroxidase in mammals,†Biol. Chem., vol. 388, no. 10, pp. 1019–1025, 2007.
M. L. Zuldafrial, “Penelitian Kualitatif.†Surakarta: Yuma Pustaka, 2012.
P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.
A. Muhammad, “Guru dalam proses belajar mengajar,†Bandung Sinar Baru Algensindo, 2002.
M. Abdurrahman and S. A. Muhidin, “Panduan Praktis Memahami Penelitian,†Bandung CV. Pustaka Setia, 2011.
K. Kartono, “Metode Penelitian Bidang Sosial.†Jakarta: Grafindo Perkasa, 2005.
M. Fry, K. Curtis, J. Considine, and R. Z. Shaban, “Using observation to collect data in emergency research,†Australasian Emergency Nursing Journal, vol. 20, no. 1. pp. 25–30, 2017.
A. Suharsimi, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,†Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
N. Sudjana, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. 2010.
L. J. Moleong, Metodologi penelitian. 1999.
A. Sugiyono, “Pengantar Statistik Pendidikan,†Jakarta Graf. Persada, 2004.
P. Sugiyono, “Dr. 2010,†Metod. Penelit. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung CV Alf.
S. Faisal, Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan aplikasi. YA3, 1990.