Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Lingsar Lombok Barat
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.674Keywords:
Integrasi, nilai, multicultural, pembelajaranAbstract
Integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural yang dimaksud adalah upaya mengambungkan strategi pembelajaran yang mencangkup nilai-nilai multikultural dalam menerima dan menegaskan pada perbedaan dan kesamaan manusia yang mencangkup keragaman, ras, bahasa, agama dan gender. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana integrasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Lingsar Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang telah digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu, guru PPKn, siswa, serta kepala sekolah. Analisis data menggunakan model diskriptif melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) guru PPKn melakukan pendekatan multicultural pada siswa dengan mengenalkan keragaman budaya, ras, adat, dan agama yang dimiliki siswa dikaitkan dengan lingkungan hidup siwa itu sendiri. 2) memperkenalkan bahwa keragaman budaya yang disebut multicultural itu indah, sebab dengan adanya keragaman Indonesia dikenal dan dikatakan Negara yang kaya akan multikulturalnya, dengan pendekatan tersebut, siswa dapat saling menghargai satu sama lain dan sadar bahwa indonesia merupakan negara yang kaya dengan keberagaman multikulturalnya yang digabungkan dalam bhineka tunggal ika. Sehingga sikap solidaritas sosial yang tertanam pada siswa sangat positif karna dapat menerima perbedaan-perbedaan yang berada di lingkungan sekolah dan tempat tinggal.
Â
Integration of the values of multicultural education is an attempt to connect learning strategies that include multicultural values in accepting and affirming human differences and similarities that cover diversity, race, language, religion and gender. The purpose of this study is to find out how the integration of multicultural education values in the learning process Pancasila and Citizenship Education at Lingsar 3 Public Middle School in West Lombok. The research method used is qualitative research with a descriptive approach. Data collection that has been used is observation, interviews, and documentation. The research subjects were PPKn teachers, students, and principals. Data analysis uses descriptive models through data reduction, data presentation, and conclusions. The results of the study show: 1) PPKn teachers take multicultural approaches to students by introducing the diversity of cultures, races, customs, and religions that students have associated with the student's own living environment. 2) introducing that the diversity of cultures called multicultural is beautiful, because with diversity Indonesia is known and said to be a country that is rich in multiculturalism, with this approach, students can respect each other and realize that Indonesia is a country rich in multicultural diversity combined in the singular diversity of ika. So that the social solidarity attitude that is embedded in students is very positive because it can accept differences that are in the school environment and place of residence.
References
S. W. Danoebroto, “Model pembelajaran matematika berbasis pendidikan multikultural,†J. Pembang. Pendidik. Fondasi dan Apl., vol. 1, no. 1, 2012.
P. Suparlan, “Menuju masyarakat Indonesia yang multikultural,†Antropol. Indones., 2014.
J. A. Banks, “Developmnent Dimensions , and Callenges,†Phi Delta Kappa Int., vol. 75, no. 1, pp. 22–28, 2014.
H. A. R. Tilaar and S. D. Hapsari, Multikulturalisme: Tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), 2004.
M. A. Yaqin, Pendidikan multikultural: cross-cultural understanding untuk demokrasi dan keadilan. Pilar Media, 2005.
A. H. Al Arifin, “Implementasi Pendidikan Multikulutral dalam Praksis Pendidikan di Indonesia,†J. Pembang. Pendidik. Fondasi dan Apl., vol. 1, no. 1, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.
P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.
M. Ali, “Muslim diversity: Islam and local tradition in Java and Sulawesi, Indonesia,†Indones. J. Islam Muslim Soc., vol. 1, no. 1, p. 1, Jun. 2011.
M. Abdurrahman and S. A. Muhidin, “Panduan Praktis Memahami Penelitian,†Bandung CV. Pustaka Setia, 2011.
S. Nasution, Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. PT. Bina Aksara, 2000.
K. G. Esterberg, “Qualitative methods in social research,†2002.
A. Sugiyono, “Pengantar Statistik Pendidikan,†Jakarta Graf. Persada, 2004.
M. B. Milles, “Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis.†London: Sage Publication.
M. L. Zuldafrial, “Penelitian Kualitatif,†Surakarta Yuma Pustaka, 2012.
Tukiran, “Pendidikan multikultural dan nasionalisme Indonesia,†Sosio Didakt., vol. 1, no. 1, pp. 29–36, 2004.