Interaksi Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.677Keywords:
pemanfaatan, media, gaya, belajarAbstract
P
Siswa kelas IX SMP Negeri 15 Mataram kesulitan dengan luasnya materi ajar yang harus dikuasai. Siswa mesti menyiapkan empat LKS (LKS geografi, sejarah, ekonomi dan sosiologi) dalam setiap pembelajaran IPS, demikian pula dengan tugas yang diberikan guru. Ketika guru bercerita, banyak siswa mengantuk, media pelajaran juga terbatas pada peta, globe dan gambar yang siswa ditugaskan untuk mencari sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh utilitas multimedia dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada IPS terpadu. Data dikumpulkan melalui survei beberapa bulan ke Sekolah Menengah Umum SMP Negeri 13 Mataram. Melibatkan 108 siswa telah dipilih secara sistematis dari populasi target 240 siswa baik mereka yang gaya belajar visual atau pendengaran yang dipilih dengan cermat. Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar dan dianalisis secara statistik dengan menerapkan serangkaian perhitungan Anova. Penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan multimedia secara efektif meningkatkan prestasi belajar siswa untuk kedua gaya belajar. Di sisi lain, penggunaan media konvensional tidak membawa dampak signifikan terhadap prestasi belajar siswa baik pada gaya belajar visual maupun auditori. Akhirnya, disarankan kepada para guru terutama untuk memberikan banyak perhatian pada pemanfaatan multimedia dalam pengajaran terutama dalam pengajaran ilmu sosial. Demikian pula, disarankan kepada guru untuk mempertimbangkan gaya belajar siswa.
Â
Grade IX students SMP Negeri 15 Mataram difficulties with the breadth of teaching materials that must be mastered. Students must prepare four LKS (LKS geography, History, Economics, and sociology) in each study of IPS, as well as the assignment, was given by the teacher. When teachers tell stories, many students are sleepy, media lessons are also limited to maps, globe, and images that students are tasked to search for themselves. The study aims to find out the influence of multimedia utilities and learning styles of students towards students ' learning achievements in IPS integrated. Data was collected through a few months survey to the 13 Mataram public High School. It involves 108 students have been systematically selected from the target population of 240 good students whose visual or hearing style is carefully selected. Data is gathered through learning performance tests and analyzed statistically by implementing a series of calculations of Anova. Research reveals that using multimedia effectively enhances student learning achievements for both learning styles. On the other hand, the use of conventional media does not bring a significant impact on student learning performance in both visual and auditory styles. Finally, it is recommended to the teachers especially to give a lot of attention to the utilization of multimedia in teaching especially in the teaching of social sciences. Similarly, it is advisable for teachers to consider the learning style of students.
References
A. K. Sari, “Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014,†Edutic-Scientific J. Informatics Educ., vol. 1, no. 1, 2014.
R. Susilana, M. Si, and C. Riyana, Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima, 2008.
B. Herijanto, “Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran IPS Materi Bencana Alam,†J. Educ. Soc. Stud., vol. 1, no. 1, 2012.
R. Ramlah, D. Firmansyah, and H. Zubair, “Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang),†Maj. Ilm. SOLUSI, vol. 1, no. 03, 2015.
K. M. Dewi, I. M. Putra, and I. B. S. Manuaba, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 18 Pemecutan,†Mimb. PGSD Undiksha, vol. 1, no. 1, 2013.
S. Saddam, D. L. Setyowati, and J. Juhadi, “Integrasi Nilai-nilai Konservasi dalam Habituasi Kampus untuk Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Universitas Negeri Semarang,†J. Educ. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 128–135, 2016.
M. A. Rasidi and F. A. Setiawati, “Faktor-Faktor Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Sd Kota Mataram,†J. Prima Edukasia, vol. 3, no. 2, pp. 155–165, 2015.
S. Sanisah, “Pendidikan tinggi dan pengangguran terbuka: Sebuah dilema,†Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 13, no. 2, pp. 147–159, 2010.
L. Maghfiroh, “Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,†J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2013.
A. M. Fanny and S. P. Suardiman, “Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V,†J. Prima Edukasia, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2013.
Sudaryono, Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.
Sugiyono, “Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D,†Alf. Bandung, 2010.
D. K. Rusman and C. Riyana, “Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru.†Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.
A. L. Bire, U. Geradus, and J. Bire, “Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa,†J. Kependidikan Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 44, no. 2, 2014.
L. Robertson, T. Smellie, P. Wilson, and L. Cox, “Learning styles and fieldwork education: Students’ perspectives,†New Zeal. J. Occup. Ther., vol. 58, no. 1, p. 36, 2011.