Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Eka Purnamansari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram
  • M Yunan H.S. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.679

Keywords:

pengaruh, pembelajaran, probing-promting, hasil belajar

Abstract

Praktik mengajar guru masih pragmatik dan dogmatik serta belum mampu menciptakan suasana belajar menantang, sehingga kebanyakan siswa bosan dan kurang termotivasi/bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk Pre Eksperimen dengan Desain Static Group Comparison, desain ini menggunakan dua kelas, dengan jumlah 64 siswa. Metode analisis data menggunakan Homogenitas data dengan menggunakan Uji F, Normalitas Data dengan menggunakan rumus Chi kuadrat, dan Uji hipotesis dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis dengan menggunaan rumus uji-tes, maka diperoleh thitung sebesar 6,037 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk =+ - 2 = 32 + 32 – 2 = 62 diperoleh harga   sebesar 1,669. Dengan ini, maka dapat dikatakan hipotesis (Ha) diterima. Ini berarti bahwa “Terdapat pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar PPKn kelas VII SMP Negeri 1 Sapeâ€. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh yang signifikan  model pembelajaran probing-ptompting terhadap hasil belajar PPKn kelas  VII diperoleh 94,3% pengaruh hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran probing-prompting di kelas VII SMP Negeri 1 Sape dan sisanya 5,7% dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Teacher teaching practice is still pragmatic and dogmatic and has not been able to create a challenging learning atmosphere so that most students are bored and less motivated/eager to follow the learning. The research aims to determine if there is a positive and significant influence of probing-following prompting learning model towards student learning outcomes. The research method of using quantitative with the experimental approach in the form of Pre experiment with Static design Group Comparison, this design uses two classes, with the number of 64 students. Data analysis methods use data homogenization Using Test F, Data normality by using Chi-squared formula, and hypothesis test by using T-Test formula. The results showed that the calculation of the hypothesis test by using test-test formula then obtained Thitung amounted 6.037 while the value of a significant 5% with DK = +-2 = 32 + 32 – 2 = 62 obtained a price of 1.669. With this, the hypothesis can be said (Ha) acceptable. This means that "there is the influence of probing-following prompting learning model to the results of the study of PPKn class VII SMP Negeri 1 Sape". In accordance with the results of research carried out there is a significant influence model learning probing-promoting to the outcome of PPKn class VII gained 94.3% influence of student learning outcomes after the learning model Probing-following prompting in class VII SMP Negeri 1 Sape and the remaining 5.7% is influenced by other variables.

References

Z. Muttaqin and M. Rais, “Menelusuri Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas IV di SDN 1 Terong Tawah Kec. Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 4, no. 2, pp. 87–94, 2018.

H. A. Kamaluddin and I. Harianti, “Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn di Vii di MTs Negeri 1 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 4, no. 1, pp. 51–62, 2016.

A. Sakban and K. Aini, “Penerapan Model Pembelajaran Concept Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas V MI NW Apitaik Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 4, no. 1, pp. 123–128, 2016.

K. Sundara and M. Basri, “Penerapan Metode Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas IV di SDN Galang Bulan Desa Jelantik Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2011-2012,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 4, no. 2, pp. 51–58, 2018.

H. Miftahul, “Model-model Pengajaran dan Pembelajaran,†Yogyakara: Pustaka Pelajar, 2013.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian dan Pengembangan,†Res. Dev. D, 2015.

J. W. Creswell and J. D. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications, 2017.

W. Sanjaya, Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana, 2015.

P. Sugiyono, “Dr. 2010,†Metod. Penelit. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung CV Alf.

M. Anshori and S. Iswati, “Metodologi penelitian kuantitatif,†Surabaya Pus. Pnb. dan Percetakan UNAIR, 2009.

P. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.

H. Darmadi, “Metode penelitian pendidikan.†Bandung: Alfabeta, 2011.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2006.

S. Nasution, Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. PT. Bina Aksara, 2000.

R. Kuncoro, Engkos Achmad, Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung, 2013.

A. Sugiyono, “Pengantar Statistik Pendidikan,†Jakarta Graf. Persada, 2004.

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles