PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA

Authors

  • Syaiful Syaiful Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Maemunah Maemunah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Deviana Mayasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v5i1.785

Keywords:

Metode, Sosiodrama, Disiplin

Abstract

Disiplin merupakan salah satu tolak ukur untuk membentuk sikap disiplin siswa, oleh karena itu guru dan strategi pembelajaran sangat mempengaruhi karakter siswa. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan pembelajaran yang memberikan bekal siswa dengan budi pekerti, pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan Negara.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode sosiodrama untuk pembentukan sikap disiplin siswa. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan analisis data aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran guru, pembentukan sikap disiplin siswa dan analisis evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan pembentukan sikap di siplin dan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan pembentukan sikap disiplin dan hasil belajar, serta kegiatan mengajar yang dilakukan oleh guru, karna penerapan metode sosiodrama memiliki kelebihan dapat memberikan kesempatan kepada para siswa untuk lebih akatif dalam proses belajar mengajar dan dapat memberikan kesempatan pada para siswa untuk mengasah keterampilan berdidkusi.

 

Discipline is one of the benchmarks for forming student discipline, therefore teachers and learning strategies greatly influence the character of students. Pancasila and Citizenship Education is learning that provides students with the skills, knowledge and basic abilities related to the relationship between citizens and the State. The purpose of this study is to describe the application of sociodrama methods to the formation of student discipline attitudes. The research design used is classroom action research with the approach used in this study is a qualitative approach and a quantitative approach. Methods of collecting data using observation, questionnaires, tests and documentation. Data analysis techniques are used to analyze student activity data, implementation of teacher learning, formation of student discipline attitudes and evaluation analysis. The results showed that the application of the sociodrama method can improve the formation of attitudes in the discipline and student learning outcomes. This is due to an increase in the formation of disciplinary attitudes and learning outcomes, as well as teaching activities carried out by teachers, because the application of sociodrama methods has the advantage of being able to provide opportunities for students to be more active in the learning process and can provide opportunities for students to hone education skills.

References

C. N. Aulina, “Penanaman disiplin pada anak usia dini,†Pedagog. J. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 36–49, 2013.

T. Lickona, “Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Peserta Didik Menjadi Pintar dan Baik,†Bandung Nusa Media, diterjemahkan oleh S. Lita Irfan M. Zakkie, 2013.

E. Mulyasa, “Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah,†Jakarta Bumi Aksara, 2012.

A. Suharyanto, “Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa,†JPPUMA J. Ilmu Pemerintah. dan Sos. Polit. Univ. Medan Area, vol. 1, no. 2, p. 12, 2017.

S. Dharma and R. Siregar, “Internalisasi Karakter melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,†JUPIIS J. Pendidik. Ilmu-ilmu Sos., vol. 6, no. 2, pp. 132–137, 2015.

L. N. Ahyani and D. R. Dhania, “Metode sosiodrama dalam meningkatkan kecerdasan moral anak,†J. Sos. dan Budaya, vol. 4, no. 2, 2011.

K. A. Purnami, N. N. Garminah, M. Hum, and I. K. Sudarma, “Pengaruh Metode Sosiodrama Berbantuan Cerita Rakyat Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V,†Mimb. PGSD Undiksha, vol. 2, no. 1, 2014.

A. Suharsimi, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,†Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

M. N. Purwanto, Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya, 2000.

Y. Riyanto, “Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.†Surabaya: Unesa University Press, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.

R. B. Mardalis, “Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang jasa transportasi KA Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya di stasiun Solo Balapan,†Puslinet&UPT, Perpust. Pus., 2004.

A. Sugiyono, “Pengantar Statistik Pendidikan,†Jakarta Graf. Persada, 2004.

D. G. B. Erawan, “Penggunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berwawancara dengan berbagai kalangan pada siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja,†J. Santiaji Pendidik., vol. 4, no. 1, 2014.

B. Slameto, “Faktor-faktor yang mempengaruhi,†Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Downloads

Published

2017-03-30

Issue

Section

Articles