Dampak Pembelajaran Dalam Jaring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran PKn
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.8129Keywords:
Pembelajaran, Dalam Jaringan, Hasil belajar, PKnAbstract
Dampak menurunya prestasi siswa dapat dipengaruhi oleh pergaulan remaja, motivasi belajar kurang, kurangnya inovasi pendidik. Dengan demikian pembelajaran perlu dilakukan inovasi agar prestasi belajar siswa dapat meningkat. tujuan dalam artikel ini menjelaskan dampak pembelajaran dalam jaring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Jumlah sampel penelitian yang telah digunakan sebanyak 40 orang, kemudian pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi, instrument penelitian yang telah digunakan yaitu validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji prasyarat, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dampak yang signifikan pada pembelajaran dalam jaring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebesar 82,25 sementara 17,75 dipengaruhi variable lainnya. Adanya dampak pembelajaran tersebut dikarenakan proses pembelajaran dalam jaringan menggunakan aplikasi WhatsApp, Zoom Meetting, dan Google Classroom. Selain itu pembelajaran dalam jaringan memiliki kendala pada ketersediaan kuota internet yang kurang sehingga proses pembelajarannya sebagian dilakukan tata muka seperti mengunjungi rumah siswa.
The impact of declining student achievement can be influenced by adolescent relationships, lack of learning motivation, lack of educator innovation. Thus learning needs to be innovated so that student learning achievement can increase. The purpose of this article is to explain the impact of online learning on student learning outcomes in Civics subjects. This research method uses quantitative research with an experimental approach. The number of research samples that have been used as many as 40 people, then data collection using tests, documentation and observations, research instruments that have been used are validity and reliability. Data analysis used prerequisite test, normality test, homogeneity test, and hypothesis testing. The results showed that there was a significant impact on online learning on student learning outcomes in Civics subjects of 82.25 while 17.75 was influenced by other variables. The impact of this learning is due to the online learning process using the WhatsApp application, Zoom Meeting, and Google Classroom. In addition, online learning has problems with the availability of insufficient internet quota so that the learning process is partly carried out face-to-face such as visiting students' homes
References
R. Yunitasari and U. Hanifah, “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19,†Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 232–243, 2020.
R. Rukayah, “Hubungan Pergaulan Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD,†JPPSD J. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 19–25.
S. H. Jamil and I. D. Aprilisanda, “Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19,†Behav. Account. J., vol. 3, no. 1, pp. 37–46, 2020.
A. P. Pratama, “Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa sd,†Mahaguru J. Pendidik. guru Sekol. dasar, vol. 2, no. 1, pp. 88–95, 2021.
C. Suhartini, “Peningkatan Prestasi Belajar PKn melalui Metode Kooperatif Pada Siswa SD,†JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., vol. 5, no. 3, pp. 96–101, 2019.
F. Lensun, S. Pasandaran, and T. Pangalila, “Strategi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PKn Dalam Membentuk Karakter Kesopanan Siswa Di SMK Negeri 1 Tomohon,†J. PPKn Media Kaji. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 3, pp. 149–159, 2021.
H. Mulyani, T. B. Maris, T. Fadilah, W. Anis, and W. N. A. Adawiyah, “Upaya Peningkatan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah,†eL Bidayah J. Islam. Elem. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 93–101, 2021.
D. K. Damayanti, “Analisis Peran Orang Tua Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) (Studi Kasus di SMKN 1 Tarumajaya Bekasi Tahun Ajaran 2021/2022).†FKIP UNPAS, 2021.
H. Suhaili, Y. Yuhasnil, and S. Mulyani, “Motivasi Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi pada Mata Pelajaran PPKN,†IJOCE Indones. J. Civ. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 29–50, 2021.
R. Nurhidayat, A. R. Sanusi, and Y. Firmansyah, “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran PPKn di Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK,†Cive J. Penelit. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 5, 2021.
T. Anderson, The theory and practice of online learning. Athabasca University Press, 2008.
J. L. Moore, C. Dickson-Deane, and K. Galyen, “e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?,†Internet High. Educ., vol. 14, no. 2, pp. 129–135, 2011.
V. Singh and A. Thurman, “How many ways can we define online learning? A systematic literature review of definitions of online learning (1988-2018),†Am. J. Distance Educ., vol. 33, no. 4, pp. 289–306, 2019.
D. D. Curtis and M. J. Lawson, “Exploring collaborative online learning,†J. Asynchronous Learn. networks, vol. 5, no. 1, pp. 21–34, 2001.
I. W. E. Santika, “Pendidikan karakter pada pembelajaran daring,†Indones. Values Character Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 8–19, 2020.
B. Slameto, “Faktor-faktor yang mempengaruhi,†Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
S. Tirtonegoro, “Anak Supernormal.†bina aksara, 2001.
A. Toshiana, “Hubungan Persepsi Mahasiswa Antara Cara Mengajar Dosen Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa & Seni (Skripsi S1),†Univ. Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2012.
H. Bloom, Toni Morrison’s The bluest eye. Infobase Publishing, 2007.
C. Leo and G. William, “Hubungan Motivasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma ‘X’Di Jakarta Barat,†J. NOETIC Psychol. ISSN, pp. 359–2088, 2014.
A. Susanto, “Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (edisi 1),†Jakarta Kencana Prenadamedia Gr., 2014.
E. Risdianto, M. J. Dinissjah, and M. K. Nirwana, “The Effect of Ethno Science-Based Direct Instruction Learning Model in Physics Learning on Students’ Critical Thinking Skill,†Univers. J. Educ. Res., vol. 8, no. 2, pp. 611–615, 2020.
T. A. Nengrum, N. Pettasolong, and M. Nuriman, “Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo,†J. Pendidik., vol. 30, no. 1, pp. 1–12, 2021.
A. E. Bhagaskara, E. N. Afifah, and E. M. Putra, “Pembelajaran dalam jaringan (daring) berbasis whatsapp di sd yapita,†ZAHRA Res. Tought Elem. Sch. Islam J., vol. 2, no. 1, pp. 13–23, 2021.
M. Z. Rosyid, H. Sa’diyah, and N. Septiana, Ragam Media Pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.
U. Suhayati, I. Rusdiani, and C. Atikah, “Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Google Class Room dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa,†JTPPm (Jurnal Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran) Edutech Intructional Res. J., vol. 8, no. 1, 2021.
A. Fanani and A. Q. Zaman, “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono,†PACIVIC J. Pendidik. Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 1, pp. 11–20, 2021.