Penggunaan Metode Kooperatif Model Artikulasi Terhadap Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII SMPN 2 Gangga Kabupaten Lombok Utara

Authors

  • Achmad Djunaidi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Taufik Taufik Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.849

Keywords:

kooperatif, model, artikulasi, hasil belajar

Abstract

Rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Kooperatif Model Artikulasi dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII SMP N 2 Gangga. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Gangga sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian menngunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif desain Pre-test dan Post-est. Desain ini digunakan sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 12,64 dari t-tabel 2,069 yang berarti terdapat pengaruh signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif model Artikulasi terhadap proses belajar mengajar. Rata-rata hasi belajar siswa yang dikenakan metode pembelajaran Kooperatif model Artikulasi sebesar 77,67 dan hasil belajar siswa yang tidak dikenakan perlakuan sebesar 67,67. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Kooperatif model artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VII di SMPN 2 Gangga, maka dapat dikatakan hipotesis (Ha) diterima yang berbunyi bahwa metode pembelajaran Kooperatif model Artikulasi dapat meningkatkan kualitas hasil belajar PKn siswa.

 

The low ability to express student opinions in the Subject of Citizenship Education. This study aims to determine whether the application of Cooperative learning methods Articulation Model can improve Student Learning Outcomes in Class VII Civics Subjects of Ganges N 2 Middle School. The sample in this study were class VII students of Ganges 2 Junior High School as many as 24 people, consisting of 14 male students and ten female students. This type of research uses experiments with a quantitative approach to Pre-test and Post-test design. This design was used before the trial and after the test. While the analysis used is statistical analysis using the t-test formula. The results showed that t-count was 12.64 from t-table 2.069, which means that there was a significant effect using the Cooperative learning method of the Articulation model on the teaching and learning process. The average student learning outcomes subject to the Cooperative learning method of Articulation model is 77.67, and student learning outcomes that are not subject to treatment amounted to 67.67. Thus it was concluded that the application of Cooperative learning methods articulation models could improve Citizenship Education learning outcomes of class VII students in Ganges 2 Ganga, it can be said the hypothesis (Ha) is accepted which means that Cooperative learning methods Articulation models can improve the quality of Citizenship Education student learning outcomes.

References

S. Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah. Alfabeta, 2009.

S. Sagala, “Konsep dan Makna Pembelajaran.†Bandung: alfabeta, 2010.

E. T. Wahyuni, “Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Organisasi melalui Model Numbered Head Together di Kelas V,†Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 2, no. 4, pp. 494–503, 2017.

H. S. Kristanti, “Peningkatan Kecakapan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 6 dengan Talking Stick Berbantuan Salindia,†Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 8, no. 3, pp. 293–301, 2018.

E. Mulyasa, “Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK),†Konsep, Karakteristik dan, 2004.

O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, 2004.

N. Sudjana, “Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar,†VII, Bandung Sinar Baru algesindo, vol. 92, 2004.

E. Sadjaah, “Layanan dan Latihan Artikulasi Bagi Anak Tunarungu.†Bandung: San Grafika, 2003.

H. Pese, H. A. Lamba, and M. Ali, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Kelas Viiib SMP Negeri 2 Marawola,†JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online), vol. 1, no. 1, 2012.

R. Rajuli, S. Utami, and M. Abdul, “Pengaruh Penerapan Model Artikulasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar,†J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, 2015.

A. Suharsimi, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,†Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

K. Sundara, Metode Penelitian Pendidikan (Teori dan Aplikasi). Mataram: UM-Mataram, 2012.

Y. Riyanto, “Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif.†Surabaya: Unesa university press, 2007.

S. Faisal, “Metodologi Penelitian Pendidikan,†Surabaya Usaha Nas., 1982.

Sugiyono, “Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D,†Alf. Bandung, 2010.

P. Amudi, “Pengantar Statistik,†Ghalia Indones. Jakarta, 1975.

M. B. A. Riduwan, “Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian,†Alf. Bandung, 2007.

M. Nazir, “Metode Penelitian,†Jakarta Ghalia Indones., 1988.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian, Jakarta: PT,†Rineka Cipta, p. 201:274, 2013.

M. N. Purwanto, Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya, 2000.

W. Nurkancana and P. P. N. Sunartana, “Evaluasi Hasil Belajar,†Surabaya Usaha Nas., 1990.

S. Hadi, “Metodologi Penelitian Research jilid II.†Yogyakarta: Andi Offset, 2002.

B. Ashshofa, “Metode Penelitian Hukum, Jakarta.†Rineka Cipta, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.

L. J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010), cet,†Ke-13, h, vol. 111.

A. Suprijono, “Model-model Pembelajaran Emansipatoris,†Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

M. Sermatang, “Implementasi Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Selaru Kabupaten Maluku Tenggara Barat,†J. Pendidik. Ekon., vol. 3, no. 1, 2018.

Downloads

Published

2020-09-09

Issue

Section

Articles