Pengaruh Partisipasi Orang Tua Siswa Terhadap Motivasi Anak Sekolah di Madrasah Aliyah Hidayatullah Mataram

Authors

  • Arsyad Abd. Gani Universitas Muhammadiyah Mataram
  • suriyawati suriyawati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.850

Keywords:

Pengaruh, Partisipasi Orang Tua, Motivasi Anak

Abstract

Kendala yang dihadapi Madrasyah adalah masih kurangnya tenaga pengajar, inventaris sekolah, kurangnya fasilitas atau ruang belajar yang memadai menyebabkan proses balajar mengajar kurang efektif. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi orang tua siswa terhadap motivasi anak sekolah di MA. Hidayatullah Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Subjek penelitian ini berjumlah 35 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Adapun jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan sumber data primer dan skunder. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan rumus korelasi product  moment. Hasil penelitian mnunjukkan pengaruh partisipasi orang tua siswa terhadap ketahanan sekolah di MA. Hidayatullah Mataram. Dengan dasar hasil analisis data yang digunakan dengan angka nilai t-hitunga dalah 0,493, sedangkan untuk nilai t-tabel adalah 0.334, sehingga hipotesis alternative (Ha) yang berbunyi. Ada pengaruh partisipasi orang tua siswa terhadap motivasi anak sekolah di MA. Hidayatullah Mataram diterima, Sedangkan diterima Hipotesis Nihil (Ho) yang berbunyi“ Tidak ada pengaruh partisipasi orangtua siswa terhadap motivasi anak sekolah di MA. Hidayatullah Mataram  ditolak. Jadi ada pengaruh yang sigifikansi terhadap partisipasi orang tua siswa terhadap motivasi anak dalam menlanjutkan pendidikan.

 

The constraints faced by Madrasah are the lack of teaching staff, school inventory, lack of adequate facilities, or learning space, which makes the learning process less effective. The research objective to be achieved in the study was to determine the effect of parents' participation in the motivation of school children in the MA. Hidayatullah Mataram. The method used in this research is a descriptive method using a correlation approach. The subjects of this study were 35 people. The data collection method used is a questionnaire. The type of data used is quantitative data with primary and secondary data sources. While the data analysis method used in this study is a quantitative analysis method with product moment correlation formula. The results of the study show the influence of parents' participation in school resilience in the MA. Hidayatullah Mataram. Based on the results of the data analysis used, the number t-hit value is 0.493, while for the t-table value is 0.334, so the alternative hypothesis (Ha) that reads. There is an influence of parents' participation in the motivation of school children in the MA. Hidayatullah Mataram accepted, while accepted the Zero Hypothesis (Ho) which reads, "There is no influence of parental participation on the motivation of school children in the MA. Hidayatullah Mataram was rejected. So there is a significant effect on parents' involvement in children's motivation in continuing education.

References

M. Muslich, “Seri Standar Nasional KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.†Jakarta, 2007.

A. Fachroni, “Motivasi Wali Santri Menyekolahkan Putera-Puterinya Ke Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Syarif Makamhaji,†Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009.

N. A. K. Dewi, A. Zukhri, I. K. Dunia, and M. Erg, “Analisis faktor-faktor penyebab anak putus sekolah usia pendidikan dasar di Kecamatan Gerokgak tahun 2012/2013,†J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 4, no. 1, 2014.

M. Roesli, A. Syafi’i, and A. Amalia, “Kajian Islam tentang Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak,†J. Darussalam J. Pendidikan, Komun. Dan Pemikir. Huk. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 332–345, 2018.

D. Mutmainah and K. Kamaluddin, “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap Dan Kepribadian Siswa,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, pp. 44–53, 2018.

A. Fauzi and D. Sadono, “Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Sasaran dalam Program Pengembangan Usaha Kelompok Kecil (Kasus Program Pengembangan Masyarakat PT Aneka Tambang, UPBE Pongkor di Desa Bantar Karet dan Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor, Jawa Barat),†J. Penyul., vol. 2, no. 3, 2006.

S. R. Mas, “Partisipasi Masyarakat dan Orang Tua dalam Penyelengaraan Pendidikan,†el-hikmah, vol. 2, no. 1, 2013.

K. A. Rahman, “Peningkatan mutu madrasah melalui penguatan partisipasi masyarakat,†J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 227–246, 2012.

I. S. Wekke, “Pesantren, Madrasah, Sekolah, Dan Panti Asuhan: Potret Lembaga Pendidikan Islam Minoritas Muslim,†At-Tajdid J. Ilmu Tarb., vol. 6, no. 1, pp. 128–144, 2018.

S. Suprihatin, “Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa,†J. Pendidik. Ekon. UM Metro, vol. 3, no. 1, pp. 73–82, 2015.

A. Sudijono, “Pengantar Evaluasi.†Pendidikan,(Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001), 2001.

W. Surakhmad, “Penelitian Pendidikan,†Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

A. Suharsimi, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,†Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

S. Hadi, “Metodologi Penelitian Research jilid II.†Yogyakarta: Andi Offset, 2002.

A. Suharsimi, “Prosedur Suatu Pendekatan Praktek,†Jakarta PT. Rineka Cipta, 2006.

Sugiyono, “Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D,†Alf. Bandung, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.

L. J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010), cet,†Ke-13, h, vol. 111.

Downloads

Published

2020-09-09

Issue

Section

Articles