Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di MA Al-Intishor Mataram

Authors

  • Komang Sundara Universitas Muhammadiyah Mataram
  • hasna usman Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.856

Keywords:

pengaruh, pembeajaran, team assisted individualization, hasil belajar

Abstract

Model pembelajaran Team Assisted individualization (TAI) merupakan sebuah program pedagogik yang berusaha mengadaptasikan pembelajaran dengan perbedaan individual secara akademik dengan tujuan untuk meminimalisasi pengajaran individual yang terbukti kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada PPKn kelas X MA Al-Intishor Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Pre-Eksperimen dibagi menjadi tiga macam yaitu: One shot case study, One group pretes-postes, Intact- group comparison. Sampel  dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Intishor Mataram. Sampel penelitian diambil secara teknik sampling jenuh..Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil teknik analisis data yang digunakan dalam rumus uji t-paired, maka diperoleh sebesar 7,926 sedangkan nilai  pada taraf signifikan 5% dengan diperoleh harga  sebesar 1,761. Jadi dari hasil perhitungan dapat di simpulkan . yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis alternatif (Ho) ditolak  sehingga terdapat kemampuan awal siswa, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada PPKn kelas X MA Al-Intishor Mataram tahun pelajaran 2018/2019.

 

Models of learning Team Assisted Individualization (TAI) is a program that seeks to adapt pedagogic learning with individual differences in academic with the goal to minimize the individual teaching of proven less effective. The purpose of this study was to find out whether the Team Assisted Individualization (TAI) learning model can affect student learning outcomes in class X MA of Al-Intishor Mataram academic year 2018/2019. This research is quantitative research with an experimental approach. The research design was used pre-launch Experiments are divided into three kinds, namely: One-shot case study, One group presses-posts, Intact-group comparison. The sample in this study is the whole grade X MA Al-Intishor Mataram. Research samples were taken in sampling saturated. .. The research instrument used in this study was a double choice of as many as 20 items. The results of data analysis techniques used in the t-test paired formula then acquired for 7.926 while values in the 5% significant level with obtained a price of 1.761. So from the calculation result can be concluded. that means the hypothesis (Ha) received and the alternative hypothesis (Ho) was rejected so there is the ability of the students, so this research it can be concluded that there is an influence of Model Learning Team Assisted Individualization (TAI) can affect the learning outcomes of students in class X PPKn MA Al-Intishor Mataram 2018/2019 lessons year.

References

P. Ngalim, “Evaluasi Hasil Belajar,†Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

R. Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,†Jakarta Pemerintah Republik Indones., 2003.

R. Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,†Sekr. Negara. Jakarta, 2005.

Anjani, “Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn SMP Negeri 7 Mataram Tahun 2015/2016,†Progr. Stud. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan. Univ. Muhammadiyah Mataram Mataram., 2015.

E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya, 2013.

H. Miftahul, “Model-model Pengajaran dan Pembelajaran,†Yogyakara: Pustaka Pelajar, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

K. Sundara, Metode Penelitian Pendidikan (Teori dan Aplikasi). Mataram: UM-Mataram, 2012.

Sugiyono, “Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D,†Alf. Bandung, 2010.

N. Sudjana, “Penelitian Hasil Belajar Mengajar,†Bandung: Rosdakarya, 2005.

H. Mahmud, “Metode Penelitian Pendidikan,†Bandung CV Pustaka Setia, 2011.

Sudaryono, Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

B. Sudjarwo, “Manajemen Penelitian Sosial,†Bandung Mandar Maju, 2009.

C. N. D. A. Ahmadi, “Metodologi Penelitian, cet,†Ke-10 (Jakarta Bumi Aksara, 2009), vol. 85, 2009.

M. P. Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana, 2016.

M. N. Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya, 2000.

A. Suharsimi, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2,†Jakarta PT Bumi Aksara, 2013.

B. Burhan, “Metodologi Penelitian Kuantitatif,†Jakarta Kencana Prenada Media Gr., 2005.

M. S. Hadinata and I. M. Syahruddin, “Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar IPS kelas IV SD Gugus 4 Bondalem Kecamatan Tejakula,†Mimb. PGSD Undiksha, vol. 1, no. 1, 2013.

I. Liliani, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VC SD Negeri 161 Pekanbaru.â€

Downloads

Published

2020-09-09

Issue

Section

Articles