Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group To Group Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII di MTs. Al-Intishor Tanjung Karang Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.859Keywords:
penerapan, group to group, peningkatan, hasil belajarAbstract
Penggunaan metode ceramah yang begitu sering oleh guru PKn MTs. AL-Intishor khususnya guru kelas VII mengakibatkan sebagian besar siswa sering mengalami kesulitan  memahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group To Group terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII MTs. Al-Intishor Tanjung Karang. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus yang memuat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs. Al-Intishor yang berjumlah 21 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dan lembar observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes yaitu berupa tes siklus I (SI), tes siklus II (SII), tes siklus III (SIII) serta lembar observasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 46,4 dengan persentase ketuntasan 76,19%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 50,6 dengan persentase ketuntasan 100% kemudian pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa adalah 51,13 dengan persentase ketuntasan 100%, sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group To Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII MTs. Al-Intishor.
Â
The use of a lecture method that is so frequent by the teacher of PKn MTs. AL-Intishor especially the teacher of class VII resulted in most students often having difficulty understanding the material being taught. The research aims to determine how the implementation of cooperative learning Model type Group To Group towards the improvement of student learning outcomes on PKn class VII. Al-Intishor Tanjung Karang. The research method uses class action research with 3 cycles that contain planning, implementation, observation, and reflection stages. The subject of the study is a student of class VII MTs. Al-Intishor, numbering 21 students. The approach used is a qualitative approach and a quantitative approach. Data collection methods using study results tests, and observation sheets. The Data obtained in the form of a test result is tested cycle I (SI), Cycle test II (SII), Cycle III test (SIII) as well as student observation sheet in teaching learning activities. The results showed that there was an increase in the average student learning outcome at the I 46.4 cycle with a percentage of 76.19%. On the average cycle of student learning outcomes is 50.6 with a percentage of 100% at the end of the III percent of student learning outcomes is 51.13 with a percentage of the compensation of 100%, so it can be concluded that the learning Model implementation Cooperative type Group To Group can improve student learning outcomes in the subjects of PKn-class VII MTs. Al-Intishor.
References
R. Indonesia, “Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional,†20AD.
M. Mustari and M. T. Rahman, “Manajemen Pendidikan.†RajaGrafika Persada, 2014.
D. P. Nasional, “Materi Pelatihan Terintegrasi Mata Pelajaran Sains.†Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program, 2004.
A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian, Jakarta: PT,†Rineka Cipta, 2013.
M. B. A. Riduwan, “Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian,†Alf. Bandung, 2007.
H. Jauhari, “Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi,†Bandung: Pustaka Setia, 2010.
A. Sudijono, “Pengantar Evaluasi Pendidikan,†Jakarta Raja Graf. Persada, 2006.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2006.
W. Surakhmad, Pendidikan Nasional, Strategi, dan Tragedi. Penerbit Buku Kompas, 2009.
S. Margono, “Metodologi Penelitian Pendidikan.†Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
S. Arikunto, “Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Jilid 2,†PT Rhineka Cipta Jakarta, 2004.
M. Nazir, “Metode Penelitian, Cet. 10,†Bogor Penerbit Ghalia Indones., 2014.
W. Rochiati, “Metode Penelitian Tindakan Kelas,†Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2005.
L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
A. Raksun, “Implementasi Pembelajaran Kooperatifuntuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram PadaMata Kuliah Biologi Dasar,†J. pijar MIPA, vol. 4, no. 1, 2009.
M. N. Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya, 2000.
M. Ibrahim, “Pembelajaran Kooperatif.†Surabaya: University Press, 2000.