Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.924Keywords:
penerapan, numbered head together, hasil belajarAbstract
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkadang dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan tidak menarik oleh siswa. Hal ini terjadi karena di karenakan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar guru hanya menggunakan metode klasik dan guru yang tidak dapat menyesuaikan kondisi siswa dengan materi pembelajaran yang selalu dinamis. Untuk itu, diperlukan alternatif model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang memungkinkan belajar secara optimal adalah menggunakan cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan sekolah menengah pertama. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 57 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil analisis menunjukan bahwa hasil uji t diperoleh thitung =3,523. Hasil uji t tersebut kemudian di konsultasikan pada ttabel. Dengan taraf signifikan 5% dan db = 24 diperoleh ttabel =1,998 karena thitung ≥ ttabel maka hipotesis di terima dengan demikian terdapat pengaruh penerapan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. Jadi semakin tinggi menggunakan variasi model pembelajaran semakin tinggi pula dampak hasil belajar siswa.
Â
Pancasila and Citizenship Education is sometimes considered a dull and uninteresting subject by students. The happens because the implementation of teaching and learning activities teachers only use classical methods and teachers who cannot adjust the conditions of students with learning materials that are always dynamic. For this reason, we need an alternative learning model that is applied to improve student learning outcomes that enable optimal learning is to use cooperative learning Type Numbered Head Together (NHT). The purpose of the study was to determine the effect of the application of Cooperative Learning models Type Numbered Head Together (NHT) on the learning outcomes of Pancasila education and junior high school citizenship. The research method uses quantitative research with an experimental approach. The research sample amounted to 57 students, the technique of collecting data used observation, tests, and documentation. Data analysis method uses the t-test formula. The results of the analysis show that the results of the t-test were obtained t = 3.523. The results of the t-test are then consulted on the table. With a significant level of 5% and db = 24 derived t table = 1.998 because t-count label t-table then the hypothesis is accepted thus there is an effect of applying the cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) to the learning outcomes of Junior High School Pancasila and Citizenship Education. So the higher the variety of learning models using the more senior the impact of student learning outcomes.
References
D. Wahyudin, “Pengantar Pendidikan,†Jakarta Univ. Terbuka, 2007.
A. Sakban and S. Nirwana, “Pelaksanaan PDS Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VII SMPN 2 Labuapi Lombok Barat,†in Prosiding Seminar Nasional II APPPI NTB 2018, 2018, vol. 1, no. 1.
A. Sakban and K. Aini, “Penerapan Model Pembelajaran Concept Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas V MI NW Apitaik Lombok Timur Tahun Pelajaran 2015/2016,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 4, no. 1, pp. 123–128, 2016.
J. Susanto, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD,†J. Prim. Educ., vol. 1, no. 2, 2012.
R. Lince, “Creative thinking ability to increase student mathematical of junior high school by applying models numbered heads together.,†J. Educ. Pract., vol. 7, no. 6, pp. 206–212, 2016.
M. Leasa and A. D. Corebima, “The effect of numbered heads together (NHT) cooperative learning model on the cognitive achievement of students with different academic ability,†in Journal of Physics: Conference Series, 2017, vol. 795, no. 1, p. 12071.
A. Suharsimi, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,†Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.
N. Sudjana, “Penelitian Hasil Belajar Mengajar,†Bandung: Rosdakarya, 2005.
Sugiyono, “Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D,†Alf. Bandung, 2010.
A. Mardalis, “Implementasi 12 Pilar Pemasaran untuk Promosi Pendidikan Tinggi,†2014.
F. L. N. Isjoni, “Pembelajaran Terkini Perpaduan Indonesia-Melayu.†Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2007.
I. W. Suwastana, “Penerapan Pembelajaran Melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together Siswa Kelas V SDN No 1 Tonggolobibi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn,†J. Kreat. Tadulako, vol. 4, no. 1, 2016.
P. D. Wijanarko and P. Sukarjo, “Numbered Head Together Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn,†Joyf. Learn. J., vol. 3, no. 1, 2014.
J. Hidayat and A. Salimi, “Pengaruh Model Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar,†J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 10, 2018.